Persiapan Fisik Sebelum Melahirkan

By Ipoel , Selasa, 12 Mei 2015 | 10:30 WIB
Persiapan Fisik Sebelum Melahirkan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Apa pun jenis persalinan yang akan dilakukan, baik persalinan normal maupun melalui operasi sesar, memerlukan daya tahan tubuh yang baik dari mamil. Saat bersalin, mamil memerlukan stamina yang cukup untuk menghadapi persalinan yang sedikitnya akan dilalui selama beberapa jam atau terkadang beberapa hari. Rata-rata persalinan normal dapat berlangsung sedikitnya 6—12 jam, dari munculnya tanda persalinan hingga kelahiran bayi. Untuk itu, Mama harus melakukan persiapan fisik sebelum melahirkan.

Stamina yang diperlukan mamil saat bersalin kurang lebih setara dengan stamina yang diperlukan untuk melakukan lari maraton nonstop. Tentunya hal ini memerlukan ketahanan dan kekuatan jantung serta paru-paru untuk memastikan mamil tidak kelelahan selama proses yang panjang tersebut, sementara bayi tetap mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yg memadai selama proses persalinan.

Selain itu, saat bersalin, mamil juga secara alamiah memerlukan kerja otot-otot tubuh yang tidak sedikit untuk dapat memfasilitasi kelahiran bayi. Otot perut, otot dasar panggul, otot tungkai adalah beberapa otot yang berperan penting dalam persalinan, selain tentunya kontraksi otot rahim sendiri yang berlangsung secara otonom.

Bila persalinan dilakukan melalui operasi pun, mamil tetap harus berada dalam kondisi kesehatan yang baik untuk mencegah penyulit selama operasi dan mempercepat proses pemulihan setelahnya.

Demi terpenuhinya kebutuhan fisik sebelum melahirkan seperti di atas, mamil dianjurkan menjaga asupan nutrisi yang baik sebelum dan selama kehamilan. Makanan bergizi seimbang, kaya akan protein, sangat diperlukan untuk membangun daya tahan tubuh dan fungsi organ-organ pendukung persalinan.

Selain itu, olahraga sebelum dan selama kehamilan sangatlah penting untuk membangun stamina serta melatih kekuatan dan kelenturan otot-otot yang diperlukan saat bersalin. Lakukan olahraga aerobik (jalan kaki, naik turun tangga, berdansa) untuk melatih stamina sedikitnya 15—30 menit sehari selama kehamilan.

Olahraga lain khusus kehamilan, seperti senam hamil, yoga prenatal, pilates kehamilan, belly dance ibu hamil, serta latihan kegel untuk memperkuat otot dasar panggul adalah beberapa jenis olahraga yg dapat membantu mamil mempersiapkan kekuatan dan kelenturan otot-otot pendukung persalinan. Lakukan olahraga ini sesering mungkin selama kehamilan, karena persiapan ini tentunya harus dilakukan berkesinambungan untuk hasil optimal.

          Latihan lain yang sebaiknya dilakukan secara rutin ialah latihan pernapasan. Dengan mengetahui teknik pernapasan yang baik, mamil akan lebih mudah melakukan relaksasi untuk mengurangi keluhan selama kehamilan dan memperlancar proses persalinan. Persiapan fisik sebelum melahirkan sangat menentukan kelancaran persalinan.