8 Makanan Cepat Saji untuk IbuHamil

By Santi Hartono, Kamis, 7 Mei 2015 | 09:30 WIB
8 Makanan Cepat Saji untuk IbuHamil (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Makanan cepat saji yang lezat adalah salah satu kemewahan yang ditawarkan kehidupan modern—yang sayangnya sebagian besar mengandung banyak bahan pengawet dan bahan-bahan lain yang harus Ibu hindari sepanjang kehamilan.

  Tapi tidak semua makanan cepat saji harus dihindari. Ada banyak juga makanan yang dapat dengan cepat dan mudah disajikan dan terbukti sangat baik untuk Ibu, terutama saat Ibu ingin menyantap makanan ringan atau camilan sebelum jam makan tiba.

   Berikut ini 8 makanan cepat saji untuk Ibu hamil yang direkomendasikan Heidi Reichenberger, juru bicara American Dietetic Association, dan Elizabeth Somer, ahli gizi dan penulis buku Nutrition for a Healthy Pregnancy: The Complete Guide to Eating Before, During, and After Your Pregnancy.    

  1. Buah. Saat Ibu merasa lapar, ambil saja apel, pisang, pir, jeruk atau buah-buahan favorit Ibu lainnya. Atau jika mau, Ibu bisa menyantap buah-buahan dalam kemasan yang mudah dibawa kemana-mana. Pilihlah kemasan yang berisi hanya buah dan airnya dan hindari buah yang dikemas dengan air gula atau sirup.
  2. Kismis. Sedikit kismis yang manis, sekitar 40 gram, akan menambah kandungan serat, zat besi, dan kalium dalam tubuh Mama.
  3. Yogurt. Kemasan yogurt yang kaya gizi berukuran 30 gram saja dapat memenuhi 25% kebutuhan kalsium harian Mama, di samping protein dan beberapa vitamin serta mineral yang dibutuhkan. Jika di dalam labelnya tertulis “live and active cultures”, Ibujuga akan mendapatkan manfaat dari probiotik—bakteri baik yang akan membantu pencernaan dan melindungi saluran pencernaan Mama.  
  4. Campuran Kacang Kering. Masukkan secangkir sereal yang terbuat dari gandum utuh ke dalam mangkuk lalu campur dengan segenggam buah kering favorit Ibudan kacang-kacangan (misalnya ceri kering dan almon). Simpanlah di dalam wadah kedap udara untuk Ibutaruh di atas meja atau dalam mobil sehingga Ibu bisa mendapatkan camilan renyah kapan pun Ibu merasa lapar.
  5. Salad. Beberapa restoran cepat saji dan banyak supermarket memiliki bagian penjualan salad yang bisa Ibu gunakan untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur untuk satu hari penuh. Masukkan saja wortel, tomat, mentimun, dan zucchini. Tambahkan kacang merah untuk meningkatkan protein dan tuang kismis di atasnya untuk memberikan Ibu tambahan zat besi, serat, dan juga kalium.
  6. Baby carrot. Wortel kaya akan vitamin A dan serat, dan Ibu bisa dengan mudah mendapatkannya di supermarket. Celupkan baby carrot ke dalam yogurt atau hummus untuk memberi nutrisi ekstra atau tambahkan salad dressing untuk menambah rasa. Selain itu Ibu juga bisa menumis brokoli, kembang kol, dan bayam secara singkat untuk makan malam.
  7. Jus jeruk yang diperkaya kalsium dan vitamin C. Separuh gelas jus jeruk ini akan memenuhi separuh kebutuhan vitamin C dan sekitar 15% kebutuhan kalsium harian Mama. Ambil jus jeruk (cek labelnya untuk mengetahui jus mana yang paling banyak mengandung kalsium dan vitamin C) saat Ibu tengah berbelanja.
  8. Sereal gandum utuh atau oatmeal instan. Simpan beberapa kemasan saset sereal atau oatmeal di meja kerja Ibu untuk mendapatkan camilan yang sepat disajikan dan mengenyangkan. Hampir semua sereal sekarang mengandng vitamin dan mineral penting, termasuk asam folat.

                Demikian 8 makanan cepat saji untuk Ibu hamil yang bisa Ibu siapkan untuk di rumah, kantor, maupun di perjalanan.