Cemas Saat Hamil, Normalkah?

By Ipoel , Kamis, 30 April 2015 | 04:00 WIB
Cemas Saat Hamil, Normalkah? (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Mengetahui bahwa Anda hamil memang bisa membuat perasaan menjadi campur aduk. Tak terkecuali perasaan khawatir dan cemas saat hamil, dimana kini ada manusia yang hidup dan berkembang dalam tubuh Anda.

Sangatlah normal jika perempuan yang sedang hamil menjadi sangat cemas terhadap  apa yang mereka makan, minum, pikir, dan lakukan. Dan masih masuk kategori normal juga jika Anda mengawatirkan bagaimana kondisi kesehatan bayi kelak, bagaimana kehadiran si kecil akan mempengaruhi hidup dan hubungan Anda dengan pasangan, dan apakah Anda bisa menjalankan peran sebagai orang tua dengan baik apa tidak.

Tapi jika kecemasan Anda sudah mulai mendominasi dan menganggu pola kehidupan sehari-hari, berarti saatnya mencari cara terbaik untuk segera mengatasinya.

Untuk memulainya, coba bagikan ketakutan dan kecemasan Anda dengan pasangan. Meski hal yang buat Anda takut dan cemas adalah mengenai suami. Kemungkinan yang bisa terjadi adalah suami akan menyimpan kekhawatiran mereka sendiri. Tapi melakukan komunikasi terbuka mengenai kecemasan yang dialami akan membantu Anda dan pasangan merasa lebih baik.

Jangan lupa untuk meminta dukungan juga dari sahabat dan anggota keluarga yang lain. Atau bergabunglah dengan komunitas ibu-ibu, tidak hanya bisa saling bertukar informasi seputar kehamilan, Anda juga bisa saling mendukung dalam menghadapi beragam kecemasan yang hampir sama.

Jika Anda merasa sangat cemas dan memiliki kekhawatiran khusus seputar kesehatan si kecil, Anda bisa mendiskusikannya pada dokter Anda. Apabila kecemasan masih  saja melanda meskipun pemeriksaan dokter sudah meyakinkan bahwa kondisi bayi Anda baik-baik saja, melakukan konseling dengan psikolog atau ahli terapi bisa menjadi solusi atasi masalah Anda. (AA)