Tip Atasi Mood Swing Saat Hamil

By Ipoel , Jumat, 24 April 2015 | 09:00 WIB
Tip Atasi Mood Swing Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Saat hamil, suasana hati ibu kerap berubah. Lagi senang, tiba-tiba mendadak melow dan sedih. Begitu sebaliknya. Bila Mama juga mengalami, tidak ada salahnya menyimak tip atasi mood swing saat hamil berikut ini:

Tip #1 Dibawa santai saja.

Tahan diri untuk melakukan pelbagai persiapan berlebih sebelum si kecil datang ke tengah-tengah keluarga Anda. Bukannya tidak boleh, tapi untuk sekarang taruh nama Anda sebagai prioritas utama. Memanjakan diri juga merupakan bagian dari proses merawat bayi juga kan?

Tip #2 Bangun ikatan erat dengan pasangan.

Bersikap terbuka terhadap pasangan seputar apa yang sedang Anda rasakan dan katakan bahwa Anda selalu mencintainya akan bantu suami tidak menanggapi luapan emosi Anda secara personal.

Pastikan Anda berdua menghabiskan banyak waktu bersama-sama, seperti pergi berlibur. Kuatkan hubungan Anda dengan suami sekarang, sehingga jika si kecil sudah datang maka Anda dan suami sudah menjadi tim yang solid.

Tip #3 Lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda merasa bahagia.

Bisa berupa aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama suami. Atau meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda suka seorang diri, seperti jalan kaki, pijat prakehamilan, nonton bioskop dengan sahabat, atau hanya meringkuk di atas kasur.

Tip #4 Curhat saja.

Bagikan kecemasan dan kekhawatiran Anda pada suami, anggota keluarga atau sahabat terdekat. Cukup dengan hanya menumpahkan kecemasan Anda dalam bentuk kata, kadang bisa bantu menghilangkannya atau setidaknya memberikan Anda pandangan lain untuk mendapatkan solusi.

Pastikan proses komunikasi ini berjalan dua arah. Ketika Anda sudah menuangkan semua perasaan Anda, biarkan suami, anggota keluarga atau sahabat mengekspresikan pandangan atau perasaan mereka juga.

Tip #5 Atur stres dengan cerdas.

Ketimbang membiarkan rasa frustrasi menumpuk dalam hidup, lebih baik mencari cara untuk menekannya. Anda bisa mencoba hal-hal seperti, tidur cukup, menjalani pola makan yang benar, olahraga teratur, dan bersenang-senanglah.

Coba identifikasi apa yang jadi pemicu stres Anda dan lakukanlah perubahan. Jika masih merasa cemas, Anda bisa mencoba mengikuti kelas yoga prakehamilan, kelas meditasi, atau teknik relaksasi lainnya.  Atau jika perlu, Anda juga bisa meminta bantu pada dokter atau tenaga ahli lainnya. (AA)