Sering Mood Swing Saat Hamil

By Ipoel , Kamis, 23 April 2015 | 02:00 WIB
Sering Mood Swing Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Merasa sering mood wing saat hamil? Tenang. Kondisi tersebut sangat umum dirasakan oleh para ibu hamil.

Mood swings yang dirasakan ibu hamil dikarenakan adanya perubahan hormon yang menganggu kadar neurotransmiter (zat yang bertugas sebagai penghubung antara otak ke seluruh jaringan saraf dan pengendali fungsi tubuh), serta perasaan campur aduk karena segera akan menjadi orang tua.

Setiap orang memiliki respons yang berbeda-beda terhadap perubahan ini. Beberapa calon ibu mengalami fluktuasi emosi yang tinggi, baik dan buruk, sedangkan yang lain lebih merasakan kecemasan atau depresi.

Mayoritas perempuan akan mengalami  perubahan mood pada kehamilan usia 6-10 bulan, lalu lebih tenang pada trimester kedua, dan kemudian timbul kembali saat kehamilan masuk fase akhir.

Menjalani kehamilan bisa menjadi fase yang sangat melelahkan dan stres. Awalnya Anda mungkin akan merasa sangat gembira membayangkan si kecil akan hadir dalam keluarga, dan lalu dengan kilat pula Anda mulai mempertanyakan diri sendiri apakah keputusan untuk hamil ada keputusan yang benar apa tidak.

Timbul rasa khawatir apakah Anda bisa menjadi seorang ibu terbaik untuk anak kelak, apakah si kecil akan lahir dengan sehat, bagaimana kehadiran anak bisa mempengaruhi kondisi keuangan keluarga nantinya, atau bagaimana hubungan Anda dengan pasangan dan anak Anda yang lain setelah si bayi lahir. Dan pemikiran-pemikiran di atas yang sering membuat para calon ibu menjadi moody.

Belum lagi bertambahnya bobot tubuh, membuat Anda merasa tidak menarik lagi di mata pasangan. Anda mulai khawatir dan tidak nyaman dengan kondisi badan yang makin membesar. Perasaan ini bisa menciptakan mood yang buruk pada si calon ibu.

Dan terakhir, perubahan secara fisik, seperti heartburn (rasa panas di dada), kelelahan, dan beser, juga bisa menjadi beban tersendiri. Kadang ada perempuan yang merasa bahwa mereka seperti kehilangan kontrol terhadap tubuh mereka sendiri. Semua masalah itu membuat emosi menjadi naik-turun.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan? Berikut beberapa tip atasi mood swings  saat hamil yang bisa dicoba: