7 Cara Mudah Kembali Langsing Usai Melahirkan

By Ipoel , Selasa, 14 April 2015 | 09:02 WIB
7 Cara Mudah Kembali Langsing Usai Melahirkan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Setiap perempuan akan mengalami kenaikan bobot tubuh yang berbeda-beda saat mereka hamil. Ada yang alami kenaikan drastis, ada pula yang tidak terlalu signifikan. Meski jumlah angka timbangan berbeda-beda, tapi setiap perempuan memiliki keinginan yang sama, yaitu bisa kembali ke berat tubuh ideal mereka usai proses persalinan.

Semua ibu pasti setuju, beberapa minggu awal setelah menyandang status baru mereka maka hari-hari mereka akan dipenuhi dengan aktivitas menyusui dan penggantian popok yang tiada henti. Jangankan untuk berolahraga, memiliki jam tidur yang cukup pun sulit. Berita gembiranya, ternyata ada beberapa aktivitas yang mampu memangkas sisa-sisa lemak usai kehamilan tanpa perlu Anda bersusah-susah pergi ke gym. Berikut 7 cara mudah kembali langsing usai melahirkan:

Aktivitas #1 Memberikan ASI.

Mungkin bukan rahasia umum lagi kalau ASI menyimpan segudang manfaat, mulai dari membangun keintiman dengan anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil dari penyakit, menghemat biaya pengeluaran susu, hingga sangat baik bagi pertumbuhan otak bayi. Bonus yang lebih memukai lagi, pemberian ASI eksklusif ternyata mampu bantu penurunan berat badan paska melahirkan. Tak hanya bisa bantu membakar lebih dari 500 kalori per hari, aktivitas menyusui akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini akan membuat uterus Anda kembali ke ukuran semula. Karena menyusui si kecil membutuhkan sekitar 800 kalori, jadi jangan pangkas asupan kalori harian Anda terlalu banyak. Si kecil sudah ada dalam pelukan, jadi pastikan Anda memiliki energi yang cukup untuk menyediakan ASI eksklusif untuknya.

Aktivitas #2 Mengendong si kecil.

Ingin menggunakan kain ataupun gendongan dengan desain modern, menggendong bayi memang salah aktivitas wajib para ibu. Selain merupakan cara paling nyaman membawa si kecil dan memupuk keintiman,  menggendong bayi juga bisa menjadi trik membakar kalori yang jitu. Menggendong si bayi bisa disamakan dengan mengangkat beban 3-5 kilogram sambil melakukan aktivitas harian. Tak hanya suka diayun-ayunkan, bayi juga akan lebih mudah tidur saat digendong. Menggendong si kecil akan bantu Anda membentuk otot tubuh bagian bawah dan meningkatkan sistem imun.

Aktivitas #3 Minum air putih yang banyak.

Terapkan rekomendasi dokter untuk meminum 8 gelas air putih dalam sehari. Selain untuk membuang segala racun yang tidak dibutuhkan tubuh, memiliki kecukupan cairan dalam tubuh akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan jarang ngemil. Coba minumlah segelas air putih sebelum menyatap makanan. Trik ini akan menghindari Anda untuk makan secara berlebih, sebab perut Anda tidak sekosong sebelumnya.

Karena sulit bagi tubuh untuk membedakan sinyal lapar dan haus, maka jika keinginan ngemil Anda datang, coba minumlah air putih dulu untuk melihat sinyal sebenarnya. Tahukah Anda, membiarkan tubuh dehidrasi bahkan hanya 1 % saja mampu mengganggu sistem metabolisme dan memperlambat proses penurunan bobot tubuh. Tidak tahu kapan Anda dehidrasi? Ketika Anda merasa haus, Anda sudah dehidrasi. Jangan lupa untuk selalu membawa botol minum dan minumlah selagi bisa untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

 

Aktivitas #4 Mendorong kereta bayi.

Membeli kereta bayi tak hanya bermanfaat untuk mempermudah aktivitas Anda selama bepergian saja, tapi juga bisa membuat Anda tetap fit dan lebih cepat langsing. Agar memberikan hasil yang maksimal, isi jalan-jalan sore si kecil dengan menaruh beban lebih di kereta bayi sebelum berangkat, atau Anda bisa menambahkan jarak tempuh jalan-jalan sore Anda bersama si kecil. Mendorong kereta bayi dengan berat 16 kilogram akan bantu Anda membakar 18-20% kalori lebih banyak ketimbang berjalan kaki tanpa beban.