Kenapa Cek Kehamilan itu Penting?

By Ipoel , Kamis, 16 April 2015 | 08:55 WIB
Kenapa Cek Kehamilan itu Penting? (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Menjalani kehamilan sama seperti menjalani masa-masa penantian dengan penuh kecemasan. Anda mungkin berpikir apakah nanti Anda akan mengalami masalah selama kehamilan, atau apakah kelak si kecil akan lahir dengan sehat atau memiliki masalah kesehatan.

Untuk bisa terhindar dari segala pikiran negatif tersebut, maka cek kehamilan menjadi penting. Tak hanya bisa memantau kesehatan Anda, pemeriksaan ini juga akan memberikan informasi lengkap seputar tumbuh kembang dan kesehatan bayi yang ada dalam kandungan Anda.

Ada dua tipe tes kehamilan, yaitu tes screening dan tes diagnostik.

Tes screening.  Pemeriksaan ini mampu mengidentifikasi apakah bayi Anda memiliki kecenderungan alami masalah kesehatan tertentu. Namun dokter belum bisa membuat diagnosis secara pasti. Tes screening umum meliputi tes darah dan USG.

Sedangkan untuk tes screening yang spesifik biasa dilakukan saat trimester pertama dan kedua untuk melihat kromosom yang abnormal. Tes screening tidak akan menimbulkan risiko untuk ibu atau bayi.

Tes diagnostik. Apabila tes screening mengindikasi kemungkinan adanya masalah, seperti usia Anda, atau riwayat kesehatan keluarga yang bisa meningkatkan risiko melahirkan anak dengan masalah genetik, maka tes diagnostik perlu dilakukan. Tes diagnostik satu-satu cara untuk memastikan kondisi yang sebenarnya.

Berikut alasan-alasan cek kehamilan itu penting:

Beberapa tes kehamilan dapat mendeteksi masalah-masalah yang bisa diobati selama masa kehamilan. Tak hanya itu, data yang didapat saat melakukan pemeriksaan kehamilan akan memberikan dokter Anda informasi penting mengenai kondisi Anda apa saja yang membutuhkan pengobatan segera setelah proses persalinan kelak.