Cara Membaca Test Pack Kehamilan

By Ipoel , Jumat, 10 April 2015 | 10:00 WIB
Cara Membaca Test Pack Kehamilan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Test pack merupakan salah satu cara paling praktis untuk mengetahui status kehamilan Anda. Ada beragam merek, harga dan jenis test pack yang ada di pasaran. Dan Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda.

Semua test pack memiliki fungsi yang sama, yaitu mendeteksi hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin(hCG) melalui sampel urine Anda. Usai 9 hari setelah proses pembuahan, sel telur akan menempel di dinding rahim dan plasenta pun terbentuk. Di saat itulah hormon hCG dilepaskan dalam darah.

Test pack medeteksi konsentrasi hCG dalam satuan mili-International Unit (mIU). Semakin kecil nilai mIU yang ada dalam alat test pack, maka semakin peka pula alat tersebut dalam mendeteksi hCG seseorang.

Ketika test pack sudah digunakan sesuai dengan panduan yang benar, maka Anda hanya perlu menunggu untuk melihat hasil yang akan muncul. Lalu bagaimana cara membaca  test pack kehamilan:

Untuk test pack bentuk strip.

Anda dikatakan positif hamil jika control line dan test line berwarna merah dan nampak jelas. Apabila control line muncul garis merah, sedangkan test line hanya nampak buram atau bahkan tidak muncul sama sekali itu berarti Anda tidak hamil. Dan apabila kedua garis tidak nampak garis apapun, atau hanya test line yang muncul garis merah itu berarti Anda melakukan test kehamilan dengan cara yang tidak tepat.

Untuk test pack bentuk stick

Anda dikatakan hamil jika muncul dua garis merah pada daerah C dan T. Sedangkan jika garis merah hanya muncul pada daerah C saja, itu berarti Anda tidak hamil. Dan apabila tidak muncul garis atau hanya muncul di daerah T, maka tes kehamilan Anda dianggap tidak sah dan gagal.

Untuk test pack bentuk digital

Cara membaca test pack jenis ini sangat mudah. Setelah Anda melakukan semua prosedur penggunaan dengan benar, Anda hanya perlu menunggu. Jika Anda hamil maka akan muncul tulisan ‘pregnant’ atau gambar emoticon tersenyum. Sedangkan jika Anda tidak hamil, maka yang muncul kata ‘not pregnant’ atau gambar bulatan saja.

Untuk test pack bentuk palet.