Posisi Tepat Ibu Hamil Saat Mengambil Barang

By Ipoel , Minggu, 30 Agustus 2015 | 05:00 WIB
Posisi Tepat Ibu Hamil Saat Mengambil Barang (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Sebaiknya perhatikan posisi tepat ibu hamil saat mengambil barang  agar tidak mengalami masalah, seperti sakit pinggang dan punggung yang mungkin sudar terasa lantaran berat badan yang semakin naik.  

Bagaimana posisi tepat ibu hamil saat mengambil barang? Sikap tubuh saat hamil sebenarnya tak jauh berbeda seperti kala tak hamil, hanya saja karena ibu memang membawa beban di perut, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

- Ibu hamil tidak disarankan mengangkat beban berat. Perlu diketahui saat mengerahkan tenaga untuk mengangkat barang, semua otot akan bekerja, termasuk otot-otot perut sehingga berisiko menimbulkan kontraksi. Bagaimana kategori beban yang berat itu? Mudah. Bila ibu tidak sanggup mengangkatnya tanpa mengeluarkan banyak tenaga, barang itu sudah terlalu berat. Jadi minta bantuan orang lain untuk melakukannya. 

- Nah, saat ibu hamil harus mengambil barang yang posisinya sejajar tangan (di atas meja), tentu tidak masalah. Namun jika berada di bawah (lantai), ambillah barang tersebut dengan posisi yang diawali squat (menekuk lutut), selanjutnya raih barang itu dilanjutkan dengan kembali ke posisi berdiri.

- Jika benda itu bertali, seperti tas, raih tali tas (yang jaraknya terdekat).

- Penting diingat, jangan menahan napas saat mengangkat barang, sebab akat menekan perut/rahim.