Tanda-Tanda Persalinan (2)

By Santi Hartono, Kamis, 26 Maret 2015 | 01:00 WIB
Tanda-Tanda Persalinan (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Calon Ibu yang tengah deg-degan menunggu tibanya waktu persalinan sebaiknya mengetahui sejumlah tanda yang disampaikan oleh tubuh mereka sendiri. Ingin tahu sinyal-sinyal apa sajakah itu? Berikut lanjutan 7 Tanda-Tanda Persalinan (satu sampai empat minggu sebelum persalinan) untuk Ibu amati dan cermati. 

     3. Ibu merasa lebih sering menderita kram dan sakit punggung

Khususnya bagi yang akan melahirkan anak kedua dan selanjutnya, Ibu akan merasakan sejumlah kram dan rasa sakit di bagian selangkangan dan punggung bagian bawah saat hari kelahiran si kecil semakin mendekat. Otot-otot dan sendi Ibu akan meregang dan menggeser sebagai bentuk persiapan melahirkan.

     4. Sendi Ibu terasa lebih longgar

Sepanjang kehamilan, hormon relaksin telah membuat semua sendi Ibu menjadi lebih lembut dan longgar (hormon ini juga bertanggung jawab atas kecanggungan Ibu yang berlangsung terus-menerus di trimester ini). Sebelum menjalani proses persalinan, Ibu mungkin menyadari bahwa sendi-sendi di seluruh tubuh Ibu terasa sedikit lebih longgar. Tenang saja, Bu—itu hanyalah cara tubuh Ibu untuk membuka panggul agar si kecil bisa menemukan jalannya menuju dunia luar dengan lebih mudah.

     5. Ibu menderita diare

Seperti halnya otot-otot rahim yang mengendur sebagai bentuk persiapan kelahiran, otot-otot lain di tubuh Ibu juga mengalaminya—termasuk otot yang ada di bagian rektum Ibu. Hal ini adakalanya membuat Ibu sulit mengontrol proses BAB Ibu. Meski menjengkelkan, itu adalah hal yang normal; yang penting tetaplah terhidrasi sambil terus mengingat bahwa hal itu adalah sebuah pertanda baik!

                Tinggal dua dari 7 Tanda-Tanda Persalinan yang akan dibahas di artikel selanjutnya!