Tanda-Tanda Persalinan (1)

By Santi Hartono, Kamis, 26 Maret 2015 | 00:00 WIB
Tanda-Tanda Persalinan (1) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Inilah momen yang sudah Ibu nanti-nantikan selama berbulan-bulan: kelahiran bayi Ibu! Banyak calon Ibu yang merasa ingin tahu—sekaligus merasa cemas—soal tanda-tanda yang akan dialami seorang Ibu saat hendak melahirkan. Kapan hal itu akan terjadi? Bagaimana rasanya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Dan yang paling umum: Bagaimana saya bisa tahu bila waktunya sudah tiba? Sulit untuk memprediksi jawaban dari tiga pertanyaan awal, karena setiap kelahiran punya ke-khas-annya masing-masing. Tapi untuk yang nomor empat, kami bisa membantu. Terdapat 7 Tanda-Tanda Persalinan (satu sampai empat minggu sebelum persalinan), yang umum terjadi di rentang antara satu sampai empat minggu sebelum persalinan, yang jika Ibu amati dengan cermat, akan menunjukkan kepada Ibu: si kecil akan segera hadir.

     1. Bayi Ibu “turun”

Beberapa minggu sebelum proses kelahiran dimulai, bayi Ibu akan mulai bergerak turun menuju panggul (bagi mereka yang akan menjadi Ibu untuk pertama kalinya; sementara bagi mereka yang sudah pernah melahirkan, “pencerahan” ini biasanya tidak akan terjadi sampai Ibu benar-benar tengah berada dalam proses melahirkan). Bayi Ibu sudah mulai berada dalam posisi menuju keluar: kepala di bawah dan rendah. Ya, Ibu mungkin merasa bahwa Ibu berjalan lebih tidak stabil dibandingkan sebelumnya—dan Ibu mungkin kembali harus sering bolak-balik ke kamar mandi seperti saat trimester pertama, karena kepala bayi menekan kandung kemih Ibu. Tapi berita baiknya adalah Ibu akan bisa bernapas lebih lega karena bayi Ibu sudah bergerak menjauh dari paru-paru.

    2. Leher rahim Ibu melebar

Leher rahim Ibu juga mulai melakukan persiapan untuk proses kelahiran: Ia akan mulai melebar (terbuka) dan menciut (menipis) di hari-hari atau minggu-minggu sebelum Ibu melahirkan. Di pemeriksaan mingguan Ibu, dokter atau bidan akan mengukur dan melacak pelebaran dan penipisan leher rahim melalui pemeriksaan dalam. Tapi kemajuan setiap Ibu berbeda-beda, jadi jangan merasa kecil hati jika leher rahim Ibu melebar secara perlahan (atau bahkan belum melebar sama sekali).

                Sudah mengalami kedua tanda itu? Ingin tahu lima dari 7 Tanda-Tanda Persalinan lainnya? Baca lanjutan artikel ini, ya.