Kiat Atasi Puting yang Mendelep

By Ipoel , Senin, 16 Maret 2015 | 08:16 WIB
Kiat Atasi Puting yang Mendelep (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Mama punya puting yang datar, tenggelam, melesak ke dalam atau mendelep. Jangan khawatir, dengan kiat atasi puting yang mendelep, mama masih tetap bisa menyusui.

Ingat, menyusui merupakan bagian terpenting dari tugas Anda sebagai seorang ibu. Bagaimana tidak, menyusui adalah satu-satu cara Anda untuk memberikan nutrisi terbaik yang bisa menjadi perisai bagi si kecil dalam menangkal pelbagai penyakit kelak.

Tapi sayangnya, tak semua perempuan mengalami pengalaman yang menyenangkan dalam menjalankan ‘tugas’ nya sebagai ibu tersebut. Tidak jarang mereka harus berhadapan dengan masalah yang bisa menghambat proses menyusui berjalan dengan baik. Salah satunya, masalah puting payudara yang tenggelam, puting datar, puting melesak atau mendelep.

Meski tidak menghalangi secara total, tapi masalah puting payudara yang mendelep itu cukup mampu mengganggu proses menyusui. Sebab ini akan menyulitkan si kecil saat mengisap ASI kelak.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi malasah puting datar atau mendelep:

Satu,  Anda bisa menggunakan alat bantu berupa nipple puller atau  syringe, yaitu alat suntik yang dimodifikasi untuk menghisap puting).

Kedua, Anda bisa mencoba cara manual. Yaitu melakukan pemijatan dengan jari tangan. Bukan pada seluruh bagian payudara, melainkan pemijatan hanya dilakukan pada bagian puting dan lingkaran puting saja.

Tapi ingat, trik ini hanya boleh dilakukan saat usia kehamilan Anda berusia  di atas 37 minggu. Mengapa? Sebab rangsangan pada puting bisa merangsang keluarnya hormon oksitosin yang mampu merangsang timbulnya kontraksi rahim.

Jika terjadi kontraksi berlebih, maka dikhawatirkan bisa sebabkan terjadinya kelahiran bayi prematur. Apabila kehamilan Anda masih di bawah 37 minggu, cukup rawat payudara dengan membersihkannya setiap kali mandi. Dan jangan lakukan ransangan terlalu sering terhadap payudara.

Sudah jelas bagaimana rambu dan kiat atasi puting yang mendelep?