Diare Saat Hamil

By Ipoel , Kamis, 10 September 2015 | 21:00 WIB
Diare Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Tahukah Mama, diare saat hamil yang tidak ditangani dengan baik ternyata bisa memicu masalah yang lebih besar. Apalagi jika Anda sedang hamil. Mengapa? Sebab banyaknya cairan tubuh yang hilang saat diare, jika terus dibiarkan akan buat tubuh menjadi lemas dan mengganggu sistem kerja organ tubuh lainnya. Pastinya diare saat hamil secara otomatis akan mengganggu kehamilan juga.

Umumnya, diare saat hamil terjadi  karena ketidakmampuan usus besar dalam melakukan penyerapan air dari tinja yang dihasilkan. Penyebab diare saat hamil pun  bisa beragam, mulai dari infeksi kuman, keracunan makanan, atau alergi terhadap makanan tertentu. Lalu, apakah diare saat hamil itu sama seperti diare yang biasa terjadi? Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya diare pada ibu hamil, seperti di bawah ini:

Penyebab Diare Saat Hamil : Fluktuasi emosi yang tak menentu.

Saat hamil biasanya calon ibu akan mengalami kondisi emosi yang tidak stabil. Dan ini akan memicu terjadinya perubahan kadar hormon dalam tubuh si wanita, dan membuat produksi asam lambung meningkat dan sistem pencernaan secara keseluruhan terganggu. Dan asam lambung yang tinggi dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih mudah terserang bakteri. Hasilnya, terjadilah diare.

Penyebab Diare Saat Hamil :  Ukuran rahim yang membesar.

Selain ketidakstabilan emosi, diare pada ibu hamil juga disebabkan oleh bertambahnya ukuran rahim yang mengakibatkan tekanan pada lambung dan usus. Dan kondisi ini juga bisa memicu terjadinya diare.

Penyebab Diare Saat Hamil :  Pola makan.

Keluhan diare pada calon ibu juga bisa disebabkan oleh perubahan pola makan, seperti kekurangan asupan vitamin B dan asam folat, kelebihan asupan vitamin D, atau  terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan asam. Selain itu,  keinginan si calon ibu untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, sering membuat mereka malah mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu diare.

Penyebab Diare Saat Hamil :  Alergi makanan dan minuman tertentu.

Kadang mengonsumsi produk susu khusus ibu hamil bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya diare. Mengapa? Sebab tak semua calon ibu cocok minum dengan produk susu tertentu. Perlu diketahui bahwa beberapa susu ibu hamil ternyata memiliki kandungan laktosa yang sangat sedikit. Biasanya, susu semacam ini akan sulit dicerna oleh lambung dan usus sehingga sering menjadi penyebab diare pada ibu hamil.

 

Penyebab Diare Saat Hamil :  Konsumsi obat tertentu.