10 Tanda Awal Kehamilan (2)

By Santi Hartono, Rabu, 27 Mei 2015 | 08:00 WIB
10 Tanda Awal Kehamilan (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Langsung saja yuk kita bahas 10 tanda awal kehamilan. Mulai dari yang nomor empat:

4. Sering buang air kecilTak lama sesudah  hamil, perubahan hormon mendorong sejumlah peristiwa yang meningkatkan laju darah  Ibu melalui ginjal. Hal ini menyebabkan kandung kemih Ibu terisi lebih cepat, sehingga Ibu harus sering buang air kecil. Gejala ini mungkin akan dimulai paling cepat enam minggu di trimester pertama.    Buang air kecil yang sering akan terus berlanjut—atau semakin sering terjadi—seiring berjalannya kehamilan. Volume darah akan meningkat secara drastis, yang akan memproses lebih banyak cairan yang akan berakhir di kandung kemih. Masalah akan semakin pelik saat janin  yang semakin besar semakin menekan kandung kemih.  

 5.Cepat lelahApakah Ibu  tiba-tiba merasa lelah? Tidak ada yang tahu dengan pasti apa yang menyebabkan Ibu merasa sangat lelah di awal-awal kehamilan, tapi kemungkinannya kadar hormon progesteron yang meningkat drastislah yang menjadi penyebabnya. Tentunya, rasa mual di pagi hari dan harus bolak-balik ke kamar mandi juga punya andil dalam hal ini.   Ibu akan merasa lebih berenergi setelah memasuki trimester kedua, meski rasa lelah biasanya kembali datang di periode akhir kehamilan ketika Ibu harus membawa bobot tambahan ke mana-mana dan sejumlah ketidaknyamanan saat hamil membuat Ibu sulit tidur di malam hari.

6. Payudara terasa kencang dan nyeri    Salah satu tanda awal kehamilan adalah payudara yang nyeri dan lebih sensitif yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon. Rasa nyeri dan kencang yang timbul terasa lebih menyakitkan ketimbang masa-masa menjelang menstruasi. Rasa tidak nyaman ini akan menghilang setelah Ibu melewati trimester pertama, setelah tubuh Ibu  mulai beradaptasi dengan perubahan hormon.

Masih ada empat dari 10 tanda awal kehamilan lagi lo yang mungkin Mama rasakan saat tengah hamil muda. Ikuti terus, ya.