10 Tanda Awal Kehamilan (1)

By Santi Hartono, Kamis, 5 November 2015 | 05:00 WIB
10 Tanda Awal Kehamilan (1) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Apakah Ibu sedang hamil? Beberapa gejala mungkin saja muncul saat Ibut erlambat menstruasi selama satu atau dua minggu. Faktanya, tujuh dari sepuluh wanita mengalami sejumlah gejala saat mereka tengah hamil enam minggu.

                Jika Ibu tidak mencatat jadwal menstruasi atau jadwalnya tidak tetap dari satu bulan ke bulan yang lain, Ibu mungkin tidak bisa merasa yakin kapan Ibuakan mengalami menstruasi selanjutnya. Tapi jika Ibu mulai mengalami beberapa dari 10 tanda di bawah ini—tidak semua wanita mengalami semuanya—dan Ibu bertanya-tanya mengapa Ibu belum juga mengalami menstruasi, Ibu mungkin tengah hamil. Berikut 10 tanda awal kehamilan yang sebaiknya Ibu amati:

1.Tak doyan makan Saat hamil muda, Ibumungkin merasa tidak nyaman dengan aroma tumis-tumisan atau secangkir kopi, dan sejumlah aroma tertentu membuat Ibu ingin muntah. Meski tak ada yang bisa memastikan, hal ini mungkin efek samping dari meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh Ibu dengan cepat. Ibu juga mungkin merasa enggan, bahkan menolak, menyantap sejumlah makanan yang biasanya sangat Ibu sukai.

2.Suasana hati yang berubah-ubah Saat hamil, sangatlah umum jika seorang calon Ibu mengalami suasana hati yang berubah-ubah, sebagian karena perubahan hormon yang mempengaruhi tingkat neurotransmitter (salah satu dari kelas zat kimia yang membawa pesan antar neuron dalam otak). Semua orang merespon perubahan ini secara berbeda-beda. Beberapa Ibumengalami peningkatan emosi, baik yang baik maupun yang buruk, sedangkan yang lain dilanda depresi atau kecemasan berlebihan.

Catatan: Jika Ibu merasa sedih, tidak berdaya, tidak mampu mengatasi tanggung jawab sehari-hari, atau Ibu merasa bisa menyakiti diri Ibu sendiri, hubungi petugas kesehatan atau psikologi sekarang juga.

3.Perut terasa kembung

Perubahan hormon di awal kehamilan mungkin akan membuat Ibu merasa kembung, sama dengan yang dirasakan sejumlah wanita sebelum mengalami menstruasi. Itulah sebabnya pakaian Ibu terasa lebih ketat dibandingkan biasanya di bagian pinggang, bahkan ketika rahim Ibu masih sangat kecil.

                Masih ada tujuh dari 10 tanda awal kehamilan yang akan kami bahas di artikel selanjutnya.