Perut Kencang Setelah Bersalin

By Santi Hartono, Minggu, 16 Agustus 2015 | 06:15 WIB
Perut Kencang Setelah Bersalin (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Beberapa Mama mengembangkan sejumlah celah di antara otot-otot perut ketika perut mereka membesar akibat hamil dan melahirkan, suatu kondisi yang umum disebut dengan diastasis rekti. Diperlukan empat sampai delapan minggu setelah melahirkan agar celah ini menutup.

           Jika Mama mulai melakukan olahraga pasca melahirkan yang berfokus pada bagian perut sebelum celah tersebut menutup, otot-otot perut Mama bisa cidera, jadi pastikan perut Mama sudah siap sebelum Mama mulai melakukan olahraga ringan, seperti berikut:

Jika saat melakukan olahraga pasca melahirkan tadi, Mama bisa merasakan celah-celah di sekitar otot perut, konsultasikan hal itu kepada dokter Mama dan mintalah pengecekan fisik. Jika dokter menyatakan celah itu aman, Mama bisa secara perlahan mulai mengencangkan otot-otot perut Mama dengan melatih otot pinggang (pelvic tilt) atau pun otot kaki (leg slide). Setelah celahnya menyempit dan hanya berjarak satu atau dua jari, Mama bisa melakukan sit-up untuk mengencangkan otot perut Mama. Intinya perut kencang setelah bersalin bukan mimpi, Mama bisa mewujudkannya! Namun, lakukan dengan aman.