Makna Mimpi di Trimester Pertama (2)

By Santi Hartono, Jumat, 17 Oktober 2014 | 13:00 WIB
Makna Mimpi di Trimester Pertama (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Selain kekhawatiran akan proses kelahiran dan menjadi ibu, masih ada makna mimpi di trimester pertama lainnya. Apakah itu? •    Kekhawatiran akan perubahan bentuk tubuh

“Saya sedang menyetir, sambil membawa ban cadangan di pinggang saya.” —Mimpi Patricia Garfield saat tengah mengandung putrinya.Penilaian wanita akan tubuhnya bisa meningkat atau pun menurun saat hamil. Dalam mimpi tadi, jelas bahwa “ban cadangan” mengacu kepada bagian perut yang kian membesar. Sementara itu, “menyetir kendaraan” biasanya merupakan metafora dari cara wanita hamil bergerak pada saat itu; dengan ban cadangan, calon mama akan lebih kikuk bergerak. Wanita hamil seringnya memimpikan diri mereka tengah menyetir truk, bus, atau kendaraan lain yang lebih sulit digerakkan ketimbang mobil—mencerminkan pandangan mereka akan pergerakan tubuh yang canggung.

Selain kendaraan, para peneliti yang mempelajari makna mimpi di trimester pertama juga mengamati gambaran akan bangunan yang kerap timbul, dari ruangan yang sederhana sampai gedung pencakar langit yang menjulang. Bangunan dalam mimpi seringnya berupa tempat di mana benda dibuat, seperti pabrik atau galangan kapal, mungkin paralel dengan tempat “penciptaan” bayi yang terjadi dalam tubuh ibu. Mungkin juga, ibu hamil memimpikan bangunan karena sedang supersensitif dengan “bagian dalam tubuh yang terus membesar”. Bahkan, tipe bangunan yang muncul ukurannya bisa membesar seiring proses kehamilan. Seorang peneliti menemukan bahwa bangunan dalam mimpi calon ibu akan menjadi semakin besar dan semakin rumit seiring waktu persalinan yang terus mendekat, dan pencakar langit menjadi bangunan yang paling sering muncul.   •    Kesadaran akan adanya cairan ketuban“Saya tengah berada di suatu daerah, mungkin di hutan hujan tropis. Saya kemudian menyadari bahwa curah hujannya deras sekali! Saya benar-benar terpukau.” —Mimpi Joan. 

Dari akuarium bulat untuk ikan mas, kolam renang, sampai samudera yang luas, mimpi ibu hamil umumnya mengacu kepada air. Selain itu, banyak juga calon ibu hamil trimester pertama yang bermimpi tengah berenang. Apabila ada hewan yang muncul dalam mimpi, umumnya akan berwujud hewan air, seperti berudu atau ikan. Air dalam mimpi tersebut mungkin merupakan cerminan akan adanya kesadaran atas cairan yang terkumpul dalam rahim. 

Seiring proses kehamilan, wujud air dalam mimpi akan berubah secara dramatis. Di periode akhir kehamilan, ibu hamil cenderung memimpikan air sebagai simbol “pecahnya air ketuban”, yang artinya calon ibu akan segera menjalani proses kelahiran.  Kita mengawali hidup sebagai makhluk air, tersembunyi dalam lautan cairan di rahim ibu kita. Selain itu, ibu hamil juga meminum cairan untuk dua orang, dirinya sendiri dan si jabang bayi. Karenanya tidak heran kan jika mimpi ibu hamil dipenuhi gambaran akan air.