Makna Mimpi di Trimester Pertama (1)

By Santi Hartono, Jumat, 21 Agustus 2015 | 09:00 WIB
Makna Mimpi di Trimester Pertama (1) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Mimpi ibu hamil bisa sangat aneh: di hari persalinannya yang lahir adalah suaminya sendiri! Setelah itu si ibu tergesa-gesa pergi (dengan menyetir truk pengangkut alat berat!). Lalu akhirnya si ibu terempas dan tergulung gelombang pasang air laut.  Oh...oh, mimpinya aneh banget ya. Mimpi semacam itu terkadang dialami ibu hamil terutama di trimester pertama. Mengapa bisa begitu? Lalu apa ya kemungkinan makna mimpi di trimester pertama? Berikut pendapat psikolog Patricia Garfield dalam bukunya Women’s Bodies, Women’s Dreams.  

•    Kekhawatiran akan proses kelahiran dan menjadi ibu“Aku melahirkan anak yang sudah tumbuh besar. Dia terlihat seperti orang dewasa mini, dengan mengenakan pakaian orang dewasa, dan berjalan serta berbicara layaknya orang dewasa.”—Mimpi Donna di trimester pertama kehamilannya.Setelah mengetahui bahwa dirinya tengah mengandung anak pertama, banyak calon ibu yang kemudian bermimpi melahirkan bayi yang sudah besar atau anak batita. Mungkin, bagi ibu yang belum berpengalaman, bayi yang sudah besar atau batita tidaklah semenakutkan bayi baru lahir. Donna menganggap bayi yang menyerupai orang dewasa dalam mimpinya memperlihatkan kekhawatiran bahwa, beberapa bulan setelah melahirkan, dia harus kembali bekerja dan itu berarti dia akan kehilangan kesempatan untuk melihat perkembangan anaknya.

Sementara itu, di periode awal kehamilan, calon ibu yang hanya sedikit mengetahui soal pengalaman melahirkan biasanya akan dilanda rasa gelisah. Mereka umumnya bermimpi melahirkan bayi yang tiba-tiba muncul begitu saja, entah dari mana. Penyebabnya? Bisa jadi campuran antara harapan menjalani persalinan yang mudah dan minimnya pengetahuan akan proses kelahiran sebenarnya.      Apakah Mama juga mengalami mimpi seperti ini di trimester pertama kehamilan? Masih ada tafsiran umum lainnya atas makna mimpi di trimester pertama yang tak kalah menarik. Lanjut?