Makna Mimpi Ibu Hamil

By Santi Hartono, Jumat, 17 Oktober 2014 | 01:02 WIB
Makna Mimpi Ibu Hamil (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Terciptanya emosi yang naik-turun tersebut mungkin disebabkan oleh hormon progesteron yang jumlahnya melonjak drastis, terutama di awal-awal kehamilan. Lalu apakah ada makna mimpi ibu hamil? Jawabannya: Banyak!

    Saat tengah mengandung biasanya para calon Mama akan lebih bisa mengingat gambaran dalam mimpi daripada sebelumnya. Hal itu karena wanita hamil umumnya terjebak dalam siklus tertidur-terjaga-tertidur sepanjang malam akibat tekanan di kandung kemih, rasa khawatir, dan gangguan tidur lainnya. Semakin sering mengalami gangguan tidur, semakin sering pula calon Mama terbangun dengan mimpi yang masih terbayang segar dalam ingatan. Dan setelahnya, sebagian besar calon Mama, serta para sahabat yang dicurhati, akan tergoda untuk menebak-nebak apa makna di balik mimpi wanita hamil tersebut.

    Menurut sejumlah pakar, mimpi yang dialami wanita hamil merupakan pantulan rasa bahagia, takut, sekaligus cemas akan perubahan fisik dan emosi yang tengah dialami. Para pakar tersebut kemudian mengelompokkan tema-tema yang umum diimpikan wanita di tahapan kehamilan tertentu, yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga. Psikolog Patricia Garfield mengulas mimpi para calon mama dan juga kemungkinan makna yang terkandung di baliknya dalam bukunya yang berjudul Women’s Bodies, Women’s Dreams. Yuk kita bahas beberapa bagian di buku itu yang mengambil pokok makna di balik mimpi wanita hamil di trimester pertama, kedua, ketiga, dan minggu-minggu terakhir kehamilan, serta, tentu saja, mimpi para calon ayah dan kemungkinan penafsirannya.