Gangguan Tidur di Trimester Pertama (1)

By Santi Hartono, Rabu, 8 Oktober 2014 | 08:14 WIB
Gangguan Tidur di Trimester Pertama (1) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Lalu, seperti apa pola dan gangguan tidur di trimester pertama kehamilan yang membuat sebagian besar ibu sulit memejamkan mata di malam hari? Dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasinya? Kita bahas satu-satu, ya.

•    Hormon progesteron dan tidur siang Di periode awal kehamilan, Ibu akan menjadi mudah mengantuk di siang hari. Penyebabnya adalah tingginya kadar hormon progesteron—hormon yang membantu mengatur siklus reproduksi wanita—di tubuh Ibu yang akan terus memaksa Ibu untuk sejenak tidur siang. Hormon progesteron yang melimpah membuat aktivitas normal di kantor seolah sama melelahkannya dengan lari maraton. Kelelahan yang amat sangat itu mungkin membuat Ibu merasa sedang sakit flu.Meski begitu, pada malam hari progesteron malah akan mengacaukan pola tidur Ibu dan membuat Ibu bahkan lebih lelah ketimbang pada siang hari. Solusinya adalah beristirahatlah sebanyak mungkin dan curilah waktu tidur siang kapan pun Ibu bisa.

•    Payudara yang kencang dan tidur menyampingSaat ini payudara Ibu mungkin terasa lebih kencang dan terkadang terasa nyeri sehingga Ibu mungkin kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman, khususnya jika Ibu terbiasa tidur dengan posisi telungkup.Karena itu, jadikan trimester pertama sebagai waktu yang sempurna untuk mulai berlatih tidur menyamping, khususnya ke arah kiri. Posisi itu akan membantu memperlancar aliran darah dan nutrisi ke janin dan rahim Ibu, serta membantu ginjal membuang zat dan cairan yang sudah tidak dibutuhkan.

•    Ingin buang air kecil terus-menerus dan mengatur pola minumRahim yang kian membesar akan semakin menekan kandung kemih dan akibatnya Ibu harus ke kamar mandi lebih sering dari yang pernah Ibu duga sebelumnya. Jika Ibu tidak ingin bolak-balik ke kamar mandi, terutama pada malam hari, atur pola minum Ibu dengan meminum banyak cairan di siang hari dan sedikit di sore dan malam hari.

Jika saat ini Ibu merasa murung karena harus terjebak dalam siklus yang sangat menguras energi: menderita gangguan tidur di trimester pertama dan mengalami kelelahan di siang hari, Ibu boleh sedikit bergembira karena faktanya bukan hanya Ibu yang mengalami hal ini. Lebih dari separuh wanita hamil yang kelelahan tidur siang setidaknya sekali di hari kerja, dan 60% tidur siang setidaknya sekali di akhir minggu. Yang sekarang sebaiknya dipelajari dan dijalani adalah: Memahami bahwa kehamilan di trimester pertama akan membuat Ibu merasa lelah, karena itu dengarkan tubuh Ibu saat dia mengirimkan sinyal untuk Ibu berhenti beraktivitas sejenak dan beristirahat.