Teknik Relaksasi Ibu Hamil (2)

By Santi Hartono, Selasa, 7 Oktober 2014 | 13:44 WIB
Teknik Relaksasi Ibu Hamil (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Yoga, peregangan, pijat, serta bernapas dalam-dalam bisa membantu ibu hamil tidur lebih lelap. Berikut adalah beberapa teknik relaksasi ibu hamil lainnya. Kita bahas satu-satu, ya.

•    Relaksasi otot progresifSetelah menguasai teknik simpel ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Teknik ini adalah pada umumnya berusaha mengendurkan otot yang kaku dengan pertama-tama menegangkan lalu melemaskannya.    Untuk mempraktikkannya, Mama sebaiknya berbaring di tempat tidur atau di atas karpet. Kemudian konsentrasilah pada salah satu kelompok otot pada satu waktu dan lakukan berselang-seling antara sisi kanan dan sisi kiri.       Pertama-tama, misalnya, tegangkan otot-otot di telapak tangan dan lengan bawah ibu hamil, kemudian lemaskan. Setelah itu lakukan teknik yang sama dengan otot-otot di lengan atas, wajah dan rahang, bahu dan punggung, paha, dan terus hingga sampai di kaki. •    Guided imageryGuided Imagery adalah sebuah teknik yang menggunakan imajinasi dan visualisasi untuk membantu mengurangi stres dan mendorong relaksasi. Dengan melakukan guided imagery, pikiran ibu yang terus bekerja tanpa henti dan dipenuhi kekhawatiran akan lebih tenang dan pada akhirnya tertidur dengan lelap. Berikut langkah-langkah dalam teknik guided imagery:-Bayangkanlah Mama sedang berada di suatu tempat yang indah dan menenangkan. Misalnya: Bayangkan ibu tengah berjalan-jalan melewati jalan setapak yang di kanan-kirinya dipenuhi bunga indah berwarna-warni. Atau mungkin ibu ingin membayangkan tengah memandangi barisan awan yang terbang di atas air yang mengalir perlahan, saling mengejar. (Membayangkan hal-hal yang bergerak akan lebih bisa mengikat pikiran daripada bayangan tak bergerak, seperti membayangkan diri sedang berbaring diam di pasir pantai.)  -Setelah itu, cobalah untuk membayangkan setiap detil di gambaran yang diciptakan, termasuk suara, aroma, rasa, dan tekstur benda yang mengelilingi ibu.-Jika gambaran dan aktivitas yang menenangkan tidak kunjung muncul di benak ibu, cobalah untuk menggunakan lukisan atau foto di majalah lalu masukkan detil-detil yang diinginkan tapi tidak dijumpai di sana.  •    BerolahragaBerolahraga secara teratur saat hamil dapat membuat jiwa dan raga lebih sehat. Selain itu olahraga juga dapat membantu ibu tidur dengan lebih baik, selama tidak dilakukan hingga lelah dan tidak dalam rentang empat jam sebelum tidur.    Melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan membuat ibu terus terjaga dan mengganggu siklus tidur alami yang ujung-ujungnya membuat ibu tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ada baiknya ibu berolahraga pada pagi hari, sore, atau setelah waktu subuh.

    Demikian  teknik relaksasi ibu hamil yang tidak hanya simpel tapi juga akan bisa membantu menenangkan pikiran dan mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Selamat mencoba.