Membantu Ibu Hamil Tidur Lelap

By Santi Hartono, Rabu, 8 Oktober 2014 | 06:13 WIB
Membantu Ibu Hamil Tidur Lelap (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Saat ibu hamil menderita gangguan tidur, para suami biasanya juga tak bisa tidur, bukan? Sebetulnya, ada cara bagi calon ayah  untuk membantu ibu hamil tidur lelap. Inilah tip-tipnya: 

•    Bantu ibu hamil untuk tidak mengeluarkan terlalu banyak tenaga menjelang tidur. Agar  bisa lebih relaks dan tentunya mendapatkan tidur yang berkualitas, bantu ibu hamil dengan membersihkan piring dan gelas bekas makan malam agar ibu hamil bisa melakukan kegiatan yang menenangkan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau duduk santai sambil menaikkan kaki. Selain itu berikan pijatan yang dapat mengendurkan otot-otot yang pegal. Olesi bagian leher, kaki, dan tangan dengan body oil atau body lotion

•    Atur letak bantal agar punggung dan perut ibu hamil bisa direbahkan di atasnya. Selain itu, bantu calon ibu bangkit dari tempat tidur karena, terutama di paruh kedua kehamilan, perut yang sudah semakin membesar membuatnya semakin sulit menggerakkan badan.

•    Siapkan kamar tidur lain jika calon ayah terbiasa mendengkur saat tidur. (Begitu juga jika ibu hamil tidur mendengkur dan dirasa mengganggu).

•    Bentuklah pola tidur baru. Setelah ada si jabang bayi, waktu tidur ibu biasanya mengalami pergeseran. Nah, akan sangat membatu jika calon ayah membuat beberapa penyesuaian agar waktu tidur keduanya tetap tercukupi.

•    Buatlah suasana kamar senyaman mungkin. Rancang interiornya agar kamar tidur cukup redup dan juga hening. Jika ibu hamil tidak tahan dengan   aroma masakan tertentu, pindahkan kamar tidur ke lokasi paling jauh dari dapur atau ruang makan.

Nah ada banyak membantu ibu hamil tidur lelap, bukan? Ibu pasti tambah sayang pada suami yang membantunya menjalani kehamilan dengan tenang dan nyaman.