Tidur Berkualitas Saat Hamil (2)

By Santi Hartono, Jumat, 17 Oktober 2014 | 13:00 WIB
Tidur Berkualitas Saat Hamil (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Selain belajar bersantai, masih ada beberapa tip untuk mendapatkan tidur berkualitas saat hamil yang akan kami bagi untuk Mama, yaitu:

Perhatikan asupan Mama: •    Jauhi kafeinCobalah untuk berhenti secara perlahan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan cokelat. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein tadi khususnya pada sore dan malam hari.

•    Jangan terlalu banyak minum di sore dan malam hariAir putih sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih oleh wanita hamil. Meski begitu terlalu banyak minum, terutama di malam hari, bisa membuat tidur Mama terganggu karena harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Sebab itu sebaiknya minumlah lebih banyak cairan pada pagi hari dan hanya sedikit di malam hari.

•    Hindari makanan berat dan pedas sebelum tidurMakanan yang pedas, seperti cabai, dan makanan yang asam, seperti tomat, dapat menyebabkan Mama mengalami heartburn serta gangguan pencernaan. Sama halnya jika Mama melahap makan malam dalam porsi besar dan terlalu dekat dengan waktu tidur.Untuk menghindari heartburn, makanlah dengan porsi ringan dan pada waktu yang lebih awal. Beri waktu kepada diri Mama sekitar dua sampai tiga jam untuk mencerna makanan sebelum Mama naik ke tempat tidur.

•    Makan camilan sebelum tidur guna mencegah morning sicknessJika Mama menderita rasa mual, usahakan untuk tidak membiarkan perut Mama kosong. Cobalah untuk mengunyah camilan yang lembut, seperti biskuit, khususnya sebelum tidur. Mempraktikkan “higienitas” tidur yang baik •    Mengikuti jadwal tidurCobalah untuk mengatur jadwal tidur dan bangun Mama dengan naik ke tempat tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

•    Lakukan kegiatan santai sebelum tidur secara rutinCobalah untuk mengembangkan ritual tidur yang menenangkan—seperti membaca atau mandi—selama 20 sampai 30 menit sebelum Mama beranjak tidur.

•    Buatlah kamar tidur senyaman mungkinMama mungkin merasa suhu tubuh Mama lebih hangat ketika hamil, jadi buatlah agar kamar Mama memiliki suhu yang dingin dan nyaman untuk Mama. Selain itu, kamar dengan sinar yang redup dan jauh dari kebisingan akan membantu Mama tertidur lebih lelap.

•    Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan bermesraanJika Mama punya kebiasaan untuk menghitung keuangan bulanan dan menonton TV di atas tempat tidur, berhentilah. Sediakan tempat tidur Mama untuk aktivitas menyenangkan yang lain seperti tidur, bermesraan, dan membaca bacaan ringan.

•    Tidurlah dengan menyamping ke arah kiriLatihlah diri Mama untuk tidur dengan menyamping ke arah kiri. Posisi ini bisa membantu melancarkan aliran darah dan nutrisi ke bayi dan rahim Mama, dan membantu tubuh Mama menghilangkan zat dan cairan yang sudah tidak dibutuhkan tubuh. Jika Mama sudah terbiasa dengan posisi ini sejak awal kehamilan, tidur Mama akan tetap lelap meski perut Mama semakin menggendut.

Jika Mama tidak bisa tidur•    Bangkitlah dari tempat tidurJika Mama masih terbangun setelah mencoba tidur selama 20 atau 30 menit, mungkin sudah waktunya untuk Mama bangkit dan pergi ke kamar lain. Dengarkanlah musik yang menenangkan atau membaca majalah atau tabloid. Saat Mama mulai merasa mengantuk, kembalilah ke tempat tidur.

•    Jangan cemasJika Mama terbangun di malam hari, jangan khawatir. Terjaga di tengah tidur saat hamil adalah hal yang sangat wajar. 

Demikian tips mendapatkan tidur berkualitas saat hamil yang semoga bisa membantu Mama mendapatkan istirahat malam yang cukup. Selamat mencoba.