Begini Posisi Tidur yang Disarankan Saat Hamil

By Santi Hartono, Rabu, 6 September 2017 | 08:00 WIB
Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil (Santi Hartono)

Nakita.id – Tidur menyamping, khususnya yang menghadap ke arah kiri, memberikan banyak manfaat kepada si kecil karena bisa meningkatkan laju aliran darah—dan juga nutrisi tentunya—ke plasenta.

Posisi ini juga bisa membantu ginjal Ibu membuang zat-zat dan cairan yang sudah tidak dibutuhkan tubuh secara efisien, yang pada gilirannya akan bisa mengecilkan bengkak di pergelangan kaki, kaki, serta tangan Ibu.  

Ada baiknya untuk Ibu mulai berlatih tidur menyamping ke arah kiri sejak trimester pertama, kapan pun Ibu bisa melakukannya.

(Baca juga : Tidur Miring ke Kiri Disarankan untuk Ibu Hamil)

Tapi Ibu juga jangan memaksakan diri untuk tidur menyamping kiri terus-menerus, ya. Kalau bosan menghadap kiri sepanjang malam selama berbulan-bulan, Ibu boleh kok membalikkan badan ke arah kanan. Tapi usahakan agar tidur menghadap kirinya lebih sering ya, Bu ketimbang yang ke arah kanan.  

Jika Ibu senang tidur telentang, mungkin di masa kehamilan ini sebaiknya Ibu mengubah kebiasaan itu karena posisi tidur telentang bukanlah posisi tidur terbaik saat hamil, khususnya di trimester ketiga kehamilan. Penyebabnya adalah:

•    Saat tidur dengan posisi telentang, bobot rahim akan membebani tulang belakang, otot punggung, usus, serta pembuluh darah aorta. Akibatnya Ibu bisa menderita sakit dan nyeri otot, wasir, serta gangguan peredaran darah, yang akan membuat Ibu merasa tidak nyaman dan sirkulasi darah ke bayi terganggu.

(Baca juga : Biasakan Tidur Menghadap Ke Kiri Sejak Hamil Muda)

•    Tidur telentang juga dapat membuat tekanan darah turun, menyebabkan beberapa calon Ibu menderita sakit kepala. Sementara itu, ada juga beberapa calon Ibu yang malah mengalami kenaikan tekanan darah akibat tidur telentang.

•    Yang terakhir, tidur telentang bisa membuat Ibu mengorok saat tidur, dan seiring bobot yang terus naik, hal itu dapat meningkat menjadi apnea tidur—gangguan tidur dengan kesulitan bernapas berulang kali.

Nah, sekarang Ibu sudah tahu kan posisi tidur terbaik saat hamil yang punya banyak manfaat untuk bayi dan posisi tidur yang sebaiknya dihindari. Yuk latihan tidur menyamping ke arah kiri, dari sekarang. 

(Baca juga : Posisi Tidur Ibu Hamil Ini Membahayakan Janin)