5 Langkah Mencegah Wasir Saat Hamil

By Santi Hartono, Kamis, 18 September 2014 | 05:45 WIB
5 Langkah Mencegah Wasir Saat Hamil (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com –  Wasir merupakan penyakit yang umum diderita wanita hamil, khususnya di trimester ketiga. Beberapa wanita hamil mengalami wasir pertama kali saat hamil. Dan jika Mama pernah menderitanya sebelum hamil, kemungkinan Mama juga akan terkena wasir saat hamil. Selain itu, wasir juga bisa muncul saat Mama mendorong bayi di proses kelahiran. Di banyak kasus, wasir yang tumbuh saat Mama hamil, akan menghilang segera setelah Mama melahirkan, khususnya jika Mama berhati-hati dalam menghindari konstipasi.

Agar tidak terkena wasir, berikut lima langkah mencegah wasir saat hamil yang bisa Mama terapkan di rumah dengan mudah:•    Yang pertama dan yang terpenting, hindari konstipasi: Santaplah makanan kaya serat (yang banyak mengandung kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran), minumlah banyak air (delapan sampai sepuluh gelas per hari), dan berolahragalah secara rutin, bahkan jika Mama hanya bisa berjalan-jalan santai setiap sore selama beberapa menit. Jika Mama mengalami konstipasi, tanyakanlah kepada dokter atau bidan Mama soal penggunaan suplemen kaya serat atau bangku yang lembut.•    Jangan menunda bila Mama sudah merasa perlu pergi ke toilet untuk BAB, cobalah untuk tidak terlalu mendorong saat melakukan BAB, dan jangan duduk berlama-lama di atas kloset karena dapat membuat bagian rektum Mama tertekan. •    Lakukan latihan kegel setiap hari. Kegel dapat meningkatkan sirkulasi di bagian rektum dan memperkuat otot-otot di sekitar anus yang pada akhirnya menurunkan kemungkinan timbulnya wasir. Kegel juga bisa memperkuat dan mengenyalkan otot di sekitar vagina dan uretra, yang bisa membantu tubuh Mama pulih setelah melahirkan.•    Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Jika saat bekerja Mama harus duduk dalam jangka waktu yang panjang, ada baiknya Mama berdiri dan berjalan-jalan selama beberapa menit setiap jamnya. •    Di rumah, berbaringlah dengan badan miring ke arah kiri saat tiduran, membaca, atau pun menonton TV agar pembuluh rektal Mama tidak tertekan. Hal ini juga bisa membantu menaikkan kembali darah dari bagian bawah tubuh Mama. 

Demikian lima langkah mencegah wasir saat hamil yang tidak hanya mudah, tapi juga tidak menghabiskan banyak waktu. Kuncinya adalah konsisten dalam melakukannya agar wasir tidak sempat mengganggu aktivitas Mama.