5 Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil

By Santi Hartono, Kamis, 18 September 2014 | 03:59 WIB
5 Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Apabila Mama sudah terlanjur terkena wasir, jangan khawatir, Ma. Berikut 5 cara mengatasi wasir saat hamil yang bisa Mama lakukan:•    Usapkan es yang sudah Mama bungkus dengan kain lembut di area yang terkena wasir beberapa kali dalam sehari. Es bisa membantu mengurangi pembengkakan dan juga rasa tidak nyaman.•    Rendam bagian yang terkena wasir dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit sebanyak dua sampai tiga kali setiap harinya. Cara mudahnya adalah dengan, pertama-tama, mengisi baskom kecil dengan air hangat lalu taruh di dalam toilet duduk. Rendamlah bagian yang terkena wasir dengan duduk di atasnya.•    Gunakan terapi panas dingin.•    Apabila Mama berada atau akan bepergian ke tempat yang menggunakan toilet kering, siapkan tisu toilet berwarna putih yang halus dan tidak berbau. Apabila Mama melakukan BAB, usapkan tisu secara lembut dan menyeluruh ke bagian yang terkena wasir, agar tidak menyebabkan iritasi. •    Saat ini terdapat banyak obat wasir yang tersedia di pasar bebas. Karena itu bertanyalah kepada dokter atau bidan Mama obat mana yang aman untuk wasir saat hamil sebelum memakainya.

Apabila langkah pengobatan yang Mama lakukan tidak membuahkan hasil―atau jika Mama mengalami sakit yang sangat atau terjadi perdarahan di bagian rektum―segera hubungi dokter atau bidan Mama. Perdarahan rektum seperti apa pun harus dilaporkan kepada dokter atau bidan Mama. 

Bagi sebagian besar wanita, wasir akan mengecil setelah melahirkan. Apabila Mama merasa perlu mengecilkan wasir, ada baiknya Mama bertemu spesialis untuk mendapatkan pengobatan. Meski jarang, terkadang operasi kecil dibutuhkan untuk mengoreksi masalah ini.