Sit-up Saat Hamil, Amankah?

By Ipoel , Rabu, 6 Mei 2015 | 11:15 WIB
Sit-up Saat Hamil, Amankah? (Ipoel )

TabloidNakita.com – Memperkuat otot perut saat hamil bisa memberikan kekuatan pada punggung. Hasilnya sakit punggung, yang umum menyerang wanita hamil, pun bisa dihindari. Lalu apakah olahraga yang langsung menarget otot perut, seperti sit-up, boleh dilakukan wanita hamil? Singkatnya, sit-up saat hamil, amankah?

                Menurut Raul Artal, dokter kandungan dan kepala departemen jurusan kandungan dan kesehatan wanita di St. Louis University School of Medicine, Amerika Serikat, sit-up aman dilakukan. Meski begitu, yang perlu diwaspadai adalah posisi telentang cenderung menurunkan tekanan darah, yang bisa menghalangi pasokan darah dan oksigen ke fetus. Sekitar 6 sampai 10 persen wanita hamil mengalami penurunan tekanan darah secara drastis saat tidur telentang—walaupun mereka hanya melakukannya selama beberapa menit. Masalah ini bisa terjadi di awal-awal kehamilan, meski umumnya muncul setelah kandungan berumur sekitar 20 minggu (trimester kedua). Tapi melakukan sit-up saat hamil di trimester kedua, rasa-rasanya memang mustahil dilakukan, ya.

                Jika ingin melatih otot perut dengan melakukan sit-up saat hamil, ada baiknya Mama mengkonsultasikannya dulu kepada dokter kandungan Mama. Namun jika ingin mencari cara yang lain, dokter Raul Artal menyarankan untuk melakukan latihan yang lebih aman. Caranya dengan menaruh tangan dan lutut Mama di lantai lalu melengkungkan punggung sebentar dan merilekskannya kembali. Selamat mencoba.