5 Manfaat Berolahraga Saat Hamil (2)

By Ipoel , Jumat, 22 Mei 2015 | 09:00 WIB
5 Manfaat Berolahraga Saat Hamil (2) (Ipoel )

TabloidNakita.com – Dalam artikel sebelumnya kita telah mengetahui 5 dari 10 manfaat berolahraga saat hamil. Jika Mama masih belum yakin untuk melakukan gerak badan, lima keuntungan berolahraga saat hamil berikut akan semakin meneguhkan Mama untuk berolahraga secara konsisten demi mendapatkan badan yang lebih bugar serta suasana hati yang lebih segar. Berikut manfaat berolahraga saat hamil:

6. Melawan kram adalah salah satu manfaat berolahraga saat hamil. Saat hamil, Mama mungkin malas berolahraga karena tidak ingin berkeringat. Mengapa tidak melakukan peregangan? Peregangan juga baik lo untuk tubuh dan Mama tidak perlu mengusap peluh setelahnya. Dan peregangan sangat efektif untuk melawan kram—khususnya di kaki—yang umum menyerang wanita hamil. Dengan menarik jempol kaki ke atas, dan bukan ke bawah, Mama dapat melepas ketegangan, menyingkirkan kram serta otot yang pegal. Melakukan peregangan tidak hanya bisa dilakukan setelah berolahraga rutin, tapi juga di depan meja kerja (khususnya jika Mama terus-menerus duduk atau berdiri dalam waktu lama), di dalam mobil atau pesawat, dan tentunya sebelum tidur (khususnya jika kaki kram membuat Mama sulit tidur.)

7. Mencegah diabetes gestasional. Manfaat berolahraga saat hamil ini cukup beralasan. Sebab, Diabetes gestasional adalah sub-tipe diabetes melitus yang terjadi hanya selama kehamilan dan akan menghilang setelah melahirkan. Salah satu cara untuk melindungi Mama dan si kecil dari penyakit ini adalah berolahraga secara rutin. American Diabetes Association bahkan merekomendasikan olahraga sebagai terapi yang bisa membantu wanita yang kehamilannya berisiko. Jika Mama memiliki kondisi itu, jangan terkejut ya jika dokter atau bidan Mama menyarankan Mama untuk berolahraga secara rutin.

8. Membuat bayi lebih sehat. Manfaat berolahraga saat hamil tidak hanya membuat Mama sehat, tapi juga janin yang dikandung. Bayi dari Mama yang saat hamil rutin berolahraga umumnya akan lahir dengan bobot yang lebih baik, bisa menghadapi persalinan dengan lebih berani (karena mereka lebih tidak stres saat melewatinya), dan pulih dari proses persalinan dengan lebih cepat. Bravo!

9. Memperbesar peluang melahirkan dengan lebih mudah. Manfaat berolahraga saat hamil memang tidak mutlak. Berolahraga memang tidak bisa memberikan jaminan bahwa Mama akan melahirkan dengan super lancar. Meski begitu, Mama yang berolahraga rutin saat hamil cenderung melewati persalinan dengan lebih cepat dan tidak membutuhkan intervensi medis selama proses melahirkan (termasuk operasi Caesar).

10. Mempercepat pemulihan pascamelahirkan. Semakin tinggi tingkat kebugaran Mama saat hamil, semakin cepat fisik Mama pulih. Dan ujung-ujungnya, Mama akan cepat fit dan fresh—dan bisa kembali memakai baju dan celana yang terpaksa masuk lemari semasa hamil.

Demikian 10 manfaat berolahraga saat hamil. Yuk, berolahraga demi mendapatkan bayi yang sehat. Kalau masih malas, mengapa tidak mengajak pasangan agar lebih semangat. Tunggu apa lagi?