5 Manfaat Berolahraga Saat Hamil

By Ipoel , Kamis, 21 Mei 2015 | 08:00 WIB
5 Manfaat Berolahraga Saat Hamil (Ipoel )

TabloidNakita.com – Kehamilan tidak hanya membawa kebahagian, tapi juga keluhan yang menjengkelkan. Sebutkan saja rasa lelah yang terus menerus, sakit punggung, dan kram kaki yang umum terjadi pada malam hari saat Mama tengah berusaha mengistirahatkan badan. Tapi tenang saja, Ma, semua itu bisa diatasi dengan mudah dan tidak makan waktu lama. Cukup lakukan olahraga teratur dan keluhan yang Mama rasakan pun akan berkurang. Tidak percaya? Baca dulu 5 manfaat berolahraga saat hamil berikut ini, ya.  

* Manfaat berolahraga saat hamil  yang pertama adalah melawan kelelahan. Kelelahan skala rendah umumnya menyerang wanita hamil selama trimester pertama dan masa akhir trimester ketiga. Namun beristirahat terus-menerus juga bukan jawaban atas keluhan tadi lo, Ma, karena terkadang istirahat yang kebanyakan justru akan membuat Mama merasa semakin loyo. Yang sebaiknya Mama lakukan untuk melawan kelelahan adalah melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai atau gerak badan sambil mengikuti video olahraga untuk wanita hamil (asal jangan terlalu ngoyo dalam melakukannya, ya Ma). Setelahnya badan Mama akan terasa segar kembali.

* Meningkatkan kualitas tidur. Manfaat berolahraga saat hamil ini tidak bisa dibantah.  Banyak wanita hamil yang melaporkan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur pulas (apalagi bila sesekali harus ke kamar mandi). Tapi ada juga yang mengatakan, meski hamil, mereka malah bisa meningkatkan kualitas tidur malam mereka dan terbangun dengan suasana hati yang baik. Ternyata kuncinya adalah berolahraga secara konsisten (selama tidak dilakukan menjelang waktu tidur yang akan membuat Mama menjadi terlalu berenergi).

* Manfaat berolahraga saat hamil  lainnya adalah menyingkirkan konstipasi. Bila tubuh aktif, usus Mama pun akan berfungsi aktif. Guna menghindari konstipasi, lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, baik hanya selama 10 menit ataupun 30 menit, sambil menikmati pagi atau sore yang cerah. Dengan begitu selain konstipasi, suasana hati yang buruk juga bisa ikut menghilang.    

* Meringankan sakit punggung. Sakit punggung adalah derita umum yang menimpa separuh wanita hamil. Gangguan ini dapat dikurangi lewat olahraga. Inilah manfaat berolahraga saat hamil. Sebab, pertahanan terbaik yang bisa Mama dapatkan adalah dengan memiliki otot perut yang kuat. Cobalah untuk melakukan olahraga hamil yang aman guna memperkuat otot perut Mama—yang tentu saja akan memberi kekuatan yang dibutuhkan punggung Mama. Jika Mama merasa belum yakin untuk melakukan olahraga yang langsung menarget otot perut, masih ada cara lain yang aman dan efektif. Misalnya, jalan santai ke minimarket sebelah atau ke kantos pos juga bisa kok berfungsi meringankan sakit dan tekanan.

* Menyenangkan hati. Olahraga akan merangsang otak Mama untuk melepaskan endorfin, senyawa kimia yang menghasilkan kebahagiaan alami. Dengan begitu, suasana hati meningkat, rasa cemas dan khawatir menghilang. Selamat tinggal, mood swing!

Masih ada lima dari  manfaat berolahraga saat hamil yang menarik untuk Mama baca, lo. Lanjutannya ada di artikel berikut, ya.