4 Cara Memanjakan Diri Saat Hamil

By Ipoel , Senin, 18 Mei 2015 | 10:00 WIB
4 Cara Memanjakan Diri Saat Hamil (Ipoel )

TabloidNakita.com – Banyak yang menganggap, perempuan terlihat paling cantik saat hamil. Tapi bisa saja di balik kebahagiaan yang memancar, pada hari-hari tertentu simtom kehamilan yang menjengkelkan membuat Mama merasa terkuras. Penyebabnya, coba kita lihat dari awal: Mama bergelut (rasanya hampir sepanjang hari) dengan rasa mual di trimester pertama dan menderita heartburn (rasa panas di dada) di yang kedua. Saat persalinan sudah dekat Mama menikmati, salah satunya, sepatu yang terlalu sempit dan perut yang terlalu besar. Dan semua itu hanyalah sedikit alasan kalau Mama mungkin membutuhkan (dan sejujurnya, pantas mendapatkan) sedikit kemewahan untuk memanjakan diri saat hamil. Jangan ragu untuk melakukannya asalkan dengan cara-cara yang tidak menimbulkan rasa bersalah. Mengapa tidak mencoba salah satu dari 4 cara untuk memanjakan diri saat hamil berikut? Empat di antaranya adalah:

Manjakan Kaki

Mungkin bagian tubuh yang paling menderita saat Mama hamil adalah sepasang kaki yang harus terus menyokong tubuh yang bobotnya kian meningkat dan menjadi bengkak akibat banyaknya cairan. Sebagai tindakan penyelamatan (sementara): rendam kaki Mama dengan air hangat yang bisa Mama tuang di baskom (ingat ya suhunya jangan melebihi 37⁰C) atau di foot bath (lapisan batuan lembut di bagian dasarnya terasa menakjubkan untuk telapak kaki yang lelah). Setelah itu Mama bisa duduk dan mengolesi kedua kaki dengan lotion sebelum akhirnya meninggikan mereka sedikit untuk beristirahat dengan nyaman. Ahh. Memanjakan diri saat hamil ternyata menyenangkan.

Minuman Mewah

Memanjakan diri saat hamil juga berarti Mama dapat meminum apa pun jenis dan rasa minuman yang digemari—jus mangga, susu rasa stroberi, pomegranate seltzer, mereka akan lebih nikmat bila diteguk dari gelas yang elegan. Jadi di salah satu hari yang melelahkan, luangkanlah beberapa menit untuk membersihkan gelas bertangkai, lalu isi dengan es serta minuman favorit Mama. Hiasi dengan sepasang raspberry atau irisan lemon, lalu bersulanglah dengan kenyataan bahwa Mama sedang memperlakukan diri Mama dengan baik. 

Makan Enak

Sepotong piza dengan keju dan daging ekstra? Seiris besar tiramisu? Sepiring penuh kentang goreng? Lahap saja! Jika Mama sudah menjaga pola makan sehat sepanjang waktu, rasa-rasanya sah-sah saja untuk memanjakan lidah dan perut Mama sesekali. Yang penting jangan melakukannya dengan rasa bersalah atau lebih baik tidak sama sekali. Makan enak adalah bagian dari memanjakan diri saat hamil.

Spa

Dengan perubahan tubuh yang sulit dikontrol sepanjang kehamilan, alangkah baiknya untuk memanjakan diri saat hamil, utamanya  batin Mama guna menyingkirkan kegundahan. Mengapa tidak melakukan mani-pedi, khususnya di beberapa bulan menjelang persalinan saat Mama sudah sulit menyentuh (atau bahkan melihat) jari-jemari kaki Mama. Perawatan kulit kepala mungkin hal yang tepat untuk mengurangi rasa nyut-nyutan dan menenangkan rasa deg-degan. Jika Mama ingin dipijat, pastikan terlebih dulu bahwa terapisnya terlatih untuk memijat ibu hamil.

Kegiatan-kegiatan di atas baru separuh dari 4 cara untuk memanjakan diri saat hamil. Mau tahu yang empat selanjutnya? Yuk kita klik di sini