Budgeting untuk Baby Shower

By Heni, Sabtu, 20 Mei 2017 | 06:00 WIB
Budgeting untuk Baby Shower (Heni)

Nakita.Id - Setuju, kan, kalau budgeting atau penganggaran adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyelenggarakan suatu acara. Begitu pula budgeting untuk baby shower. Selain bisa tahu estimasi uang yang dibutuhkan, menentukan budget juga akan membantu Ibu dalam menghemat segala hal yang berkaitan dengan pesta, seperti lokasi, dekorasi, pernak-pernik, hingga goodie bag. Tidak perlu bingung dan stres. Berikut beberapa tip yang bisa Ibu pakai sebagai panduan dalam merencanakan baby shower nanti.

- Lokasi. Rata-rata pengeluaran: 5% dari total anggaran

Lebih hemat dengan: Ketimbang mengadakan pesta di restoran, lebih baik lakukan pesta di rumah. Atau bisa juga lokasinya memakai  area publik, seperti taman atau balai yang ada di kompleks rumah. Pastikan Ibu sudah minta izin untuk memakainya jauh-jauh hari. Apabila memilih pesta outdoor, persiapkan rencana B untuk mengantisipasi jika hujan turun.

- Undangan dan perlengkapan. Rata-rata pengeluaran: 10% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Ganti metode undangan model lama (berupa kertas) dengan undangan secara online. Bisa via media sosial, messenger apps, atau e-mail. Selain paperless, Ibu langsung bisa menerima respons calon tamu, apakah bisa datang atau tidak.  Kemudian, daripada menggunakan buku tamu, ganti daftar hadir mereka dengan secarik kertas berbentuk unik yang bisa diisi harapan mereka kepada calon bayi Ibu. Kemudian harapan-harapan tersebut bisa digantung di ruang pesta sebagai aksesori tambahan.

- Dekorasi. Rata-rata pengeluaran: 5% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Sebelum melakukan pembelian, lebih baik Ibu membandingkan harganya dengan tempat lain terlebih dulu. Atau, tanyakan ke teman atau saudara, barangkali mereka punya barang yang Ibu cari. Membeli di pasar tradisional dengan jumlah banyak akan memangkas pengeluaran secara signifikan, ketimbang membeli di mal.

- Hiasan bunga. Rata-rata pengeluaran: 5% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Lihat referensi hiasan bunga yang Ibu suka di internet, lalu tulis bunga apa saja yang Ibu butuhkan. Kemudian beli bunga-bunga tersebut di pasar lokal dekat rumah. Untuk masalah penataan, Ibu bisa mempelajarinya di internet juga.

- Penyewaan. Rata-rata pengeluaran: 5% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Mengadakan pesta di rumah bisa memangkas biaya penyewaan peralatan, seperti bangku atau kursi. Jika pestanya outdoor, Ibu bisa menyediakan tempatan duduk yang kreatif. Seperti menyediakan tikar dengan keranjang piknik yang berisi camilan. Dan pastikan itu nyaman.

- Makanan dan minuman. Rata-rata pengeluaran: 40% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Memasak sendiri. Daripada harus membayar jasa ketering, berbelanja sendiri akan memotong pengeluaran cukup banyak. Meski tidak pIbui memasak, menyediakan camilan ringan, seperti sandwich, buah, atau kue-kue, juga sudah cukup.

- Kue dan makanan penutup. Rata-rata pengeluaran: 5% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Memiliki orang terdekat yang mahir buat puding atau kue? Minta tolonglah ke Ibu, Bibi atau sahabat untuk membuatkan menu penutup pesta Ibu nanti. Ini akan bantu Ibu memotong anggaran makanan Ibu.

 - Entertainment. Rata-rata pengeluaran: 10% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Hilangkan budget untuk hiburan. Ini baby shower, bukan acara pernikahan. Cukup bawa pengeras suara dan iPod saja sudah cukup.

- Games. Rata-rata pengeluaran: 5% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Ciptakan permainan yang tidak memerlukan banyak perlengkapan. Ibu bisa mencari ide-ide permainan seru di internet terlebih dulu.

- Goodie bag. Rata-rata pengeluaran: 10% dari total anggaran.

Lebih hemat dengan: Buatlah goodie bag yang berisi makanan, seperti kue kering yang dikemas sendiri. Tata di stoples plastik dan bungkus dengan cantik. (AA)