4 Cara Agar Bayi Tak Bangun Tengah Malam

By Ajeng , Rabu, 16 Desember 2015 | 22:50 WIB
4 Cara Agar Bayi Tak Bangun Tengah Malam (Ajeng )

Tabloid-nakita.com - Tantangan terbesar bagi seorang ibu adalah menghadapi pola tidur bayi yang baru lahir. Bayi bisa saja tidur seharian saat siang hari dan susah untuk tidur ketika malam hari. Karena pola tidur bayi yang tidak teratur, banyak ibu baru menjadi kesulitan mengatur waktu untuk beraktivitas.

Saat di dalam kandungan, bayi tak mengenal waktu siang dan malam. Karena itu, tak heran bila kebiasaan ini terbawa hingga ia lahir. Namun, Mama tak perlu khawatir, memang pada dasarnya bayi terlelap sesuai kebutuhan. Seiring waktu barulah ia menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Baca : Ini cara agar bayi tak jatuh

Agar waktu tidur bayi teratur dan tak mengganggu aktivitas harian, memang diperlukan cara mengatur waktu tidur bayi. Berikut 4 cara agar bayi tak bangun tengah malam.1. Atur Waktu TidurBayi banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Karena itu, jangan terlalu lama menidurkan bayi di siang hari bila tak ingin ia terjaga sepanjang malam. Kunci utama pengaturan waktu yang tepat adalah satu atau dua jam setelah makan siang. Dengan begitu si kecil akan terbiasa tidur dalam waktu singkat, terbangun untuk menyusu, dan kembali tidur.2. Jangan Ragu Membangunkan BayiJika Mama merasa si kecil sudah teralu lama tidur, disarankan untuk segera membangunkannya di waktu-waktu menyusui. Idealnya adalah satu atau dua jam sekali. Cara seperti ini akan menjaga bayi Mama tetap terpenuhi nutrisinya dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup serta teratur.

Baca : Biar enggak alergi, lakukan tes makanan ini pada bayi

3. Lakukan Aktivitas MenyenangkanMenciptakan hubungan yang aktif dan erat dengan bayi dapat dilakukan dengan kegiatan bermain yang menyenangkan. Hal ini bertujuan pula untuk melatih saraf motoriknya agar terlatih dan peka terhadap lingkungan sekitar. Beberapa aktivitas tersebut di antaranya, mengajaknya tertawa, bermain, dan olahraga bersama (jika sudah cukup umur). Ikatan ini akan menghasilkan sebuah hubungan batin yang erat.Banyak melakukan aktivitas fisik sebelum tidur di malam hari juga akan membuatnya lelah dan akhirnya tertidur pulas, misalnya dengan menggelapkan ruangan atau Mama dengan ikut berbaring di sampingnya.

Baca : Ini trik menghentikan  tangisan bayi dalam hitungan detik

4. Atur Suasana HatiBila si kecil ingin tertidur pulas, maka aturlah suasana hatinya dan lingkungan sekitar agar lebih mendukung, misal menggelapkan ruangan  atau Mama ikut berbaring tidur dengannya. Cara seperti ini membuat bayi merasa nyaman, karena menganggap saat itu adalah waktu tidur bagi semua orang.

Apabila mejelang tidur bayi mulai mengoceh, jangan membalas ocehannya dengan godaan, sebaiknya tetap arahkan bayi untuk tidur. Hindari kontak mata dan pembicaraan dengannya sampai ia tertidur.s