Bayi Berumur 74 Menit Menjadi Pendonor Organ Termuda Di Inggris

By Ajeng , Jumat, 4 Desember 2015 | 01:30 WIB
Bayi Berumur 74 Menit Menjadi Pendonor Organ Termuda Di Inggris (Ajeng )

Tabloid-nakita.com - Seorang bayi menjadi penyumbang organ tubuh termuda di Inggris setelah 74 menit dilahirkan. Hope Lee, begitu bayi ini disebut, menyumbangkan ginjalnya untuk kepentingan transplantasi.

Sebelumnya orangtua Hope Lee sudah mengetahui selama berbulan-bulan bahwa bayinya akan berumur pendek karena kondisi otak dan tengkorak yang mematikan. Karena itu mereka menyetujui tindakan transplantasi tersebut.

Hope lahir lebih dahulu dari saudara kembarnya, Josh di Addenbrooke Hospital, Cambridge, pada pekan lalu, seperti dilaporkan pertama kali di situs Cambridge News.

Orang tua Lee mengetahui bayi mereka memiliki kondisi anencephaly atau cacat otak pada minggu ke-13 kehamilan, namun mereka sepakat menolak untuk menggugurkan kandungan.

Sejak tahun 2005, ada sekitar 43 bayi di bawah usia dua tahun yang telah menyumbangkan sejumlah organ tubuh di Inggris dan hanya 11 bayi dibawah 60 hari yang menyumbangkan organ-organnya.

Hope Lee merupakan bayi kedua dengan kondisi anencephaly yang telah menyumbangkan organnya. Hope juga bayi termuda yang menyumbangkan organ tubuh untuk transplatasi di Inggris.

Ayah Hope, Andrew, mengatakan jika mereka tidak merencanakan hal itu sebelumnya, mereka tidak mungkin dapat mewujudkan rencana donor organ setelah Hope lahir.

“Tujuh puluh empat menit tidaklah lama, tapi kami berkesempatan untuk melihatnya,” katanya.

Sally Johnson, direktur NHS Blood dan Transplant, mengatakan: "Jarang sekali bayi-bayi muda menjadi donor organ."

"Kami sangat berterima kasih kepada Emma dan Andrew atas keputusan yang berani ini dan memberikan kesempatan hidup kepada orang lain di saat mereka sendiri tengah berduka."

Teddy Houlston dari Cardiff adalah donor organ termuda sebelumnya di Inggris setelah ia meninggal setelah bertahan 100 menit setelah kelahirannya di tahun 2014.