Penyebab Rambut Bayi Tipis

By Ajeng , Selasa, 24 November 2015 | 22:00 WIB
Penyebab Rambut Bayi Tipis (Ajeng )

Tabloid-nakita.com- Ada saja kejutan saat bayi lahir, tak terkecuali pada rambutnya. Mama tak perlu khawatir jika si kecil memiliki rambut yang tipis, juga jangan terlalu ge-er kalau ia memiliki rambut yang tebal karena rambut halus dan tipis pada bayi akan rontok di usia 3-4 bulan.

Tebal tipisnya rambut bayi merupakan faktor kombinasi dari faktor genetis, etnis, dan hormon. Rambut bayi ini sudah mulai berkembang saat ia berusia 5 bulan di dalam kandungan dan akan rontok dengan sendirinya ketika ia berusia 4 bulan, digantikan dengan rambut baru yang mengikuti pola rambut orangtuanya.

Menurut Dan Brennan, dokter anak dari Santa Barbara mengatakan ”rontoknya rambut bayi bisa saja dramatis, langsung rontok banyak dan botak, atau bisa juga tidak dikentara, terutama jika rambut baru tumbuh secara bertahap.”

Proses tumbuhnya rambut bayi biasanya akan dimulai saat ia berusia 6 bulan dan ada yang terus berlangsung sampai balita. Rambut yang baru tumbuh berbeda tekstur dan warnanya dengan rambut saat bayi lahir.

Ada juga bayi yang terlihat botak di belakang kepala. Ini terjadi karena gesekan antara kepala dan bantal bisa menyebabkan titik-titik botak. Namun ini akan menghiloang jika si kecil sudah mulai bisa miring atau tengkurap.

Bayi yang kurang dari usia 6 bulan hanya sedikit menghasilkan minyak di kepalanya, maka dari itu tak perlu sering-sering mencuci rambutnya. Mama bisa mencuci rambutnya dua minggu sekali dengan lembut, terutama jika bayi sering berkeringat.

Kompas Health