Manfaat Kontak Langsung Antara Mama dan Bayi Baru Lahir

By Puri, Sabtu, 31 Oktober 2015 | 04:00 WIB
Manfaat Kontak Langsung Antara Mama dan Bayi Baru Lahir (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Kontak langsung antara Mama dan bayi baru lahir tak hanya dapat menjalin ikatan emosional antara Mama dan juga si kecil. Tetapi, terdapat tujuan lain yang didapatkan bayi saat ia mendapatkan kontak langsung dengan Mama.Seperti yang dilansir dari magforwomen, Inilah manfaat kontak langsung antara Mama dan bayi baru lahir:1. Saat bayi yang baru lahir disentuh atau dipegang sang Mama, maka akan membuat rasa aman serta membantu bayi bernapas dengan normal dan memastikan pola denyut jantungnya pada tingkat yang normal pula. Dengan sentuhan atau pelukan dari Mama, maka akan mengurangi tangisan pada bayi yang baru lahir dan juga mengurangi stres karena baru saja berada di lingkungan baru yang sepertinya menakutkan.

Baca: Jangan Berikan Bantal Saat Bayi Tidur

2. Tidak hanya seorang Mama yang mengalami tekanan selama dan setelah lahir, namun bayi juga. Hal ini karena bayi mencoba untuk keluar dan memahami dunia baru. Dengan kontak tubuh bersama sang Mama, maka akan menstabilkan kadar gula darah mereka dan membantu menormalkan suhu tubuh mereka.3. Kontak tubuh antara Mama dan bayinya tentu dapat menjalin ikatan atau hubungan pada ke duanya. Selain itu, dengan bersentuhan dengan bayi maka akan mengurangi kecemasan serta mengurangi nyeri pasca melahirkan pada Mama.

Baca: Ini Perawatan Penting Bayi Baru Lahir

Selain itu, ketika Mama memeluk bayinya atau mendekatkannya di dada, maka akan memunculkan naluri bayi untuk menyusui (ASI). Sehingga ini akan memudahkan bayi terbiasa mendapatkan asupan ASI.Nah, bagi Mama yang belum tahu atau mungkin sedang mengandung buah cinta yang pertama, maka jangan lupakan pentingnya kontak tubuh Mama dengan bayinya yang baru lahir.