Mam, Ini Cara Mendeteksi Penyakit Serius Pada Bayi

By Puri, Senin, 26 Oktober 2015 | 04:10 WIB
Mam, Ini Cara Mendeteksi Penyakit Serius Pada Bayi (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Walau sebagian Mama sudah mengetahui arti tangisan bayi, akan tetapi bagi Mama yang baru pertama memiliki anak kerap masih merasa kebingungan saat si kecil sering menangis, apakah ia lapar, mengantuk atau justru sakit. Oleh karena itu, pentingnya Mama mengetahui arti tangisan bayi.Nah, jika si kecil sakit biasanya ditandai dengan tingkahnya yang di luar kebiasaan. Namun untuk mencegah kejadian yang tak ingin, sebaiknya Mama mengetahui bagaimana cara mendeteksi penyakit serius pada bayi untuk segera dilakukan pertolongan.

Baca: Deteksi Penyakit Anak Lewat Warna Tinja

Berikut ini adalah cara mendeteksi penyakit serius pada bayi, diantaranya:1. MeningitisMeningitis adalah penyakit serius yang terjadi karena adanya peradangan pada membran yang menyelubungi otak. Perlu Mama ketahui bahwa gejala awal meningitis mirip dengan gejala flu yang disertai dengan muntah, demam dan gelisah. Jika tak ditangani dengan serius, maka meningitis pada bayi dan anak-anak dapat cepat memburuk dalam hitungan jam.Untuk mengetahui apakah si kecil mengalami meningitis, Mama dapat mendeteksinya dengan cara ini:- Kulit si kecil pucat atau membiru dan tidak hilang jika ditekan- Demam hingga 38ºC atau lebih pada bayi di bawah tiga bulan dan mencapai 39ºC atau lebih untuk bayi di atas tiga bulan- Tubuhnya menggigil serta tangan dan kakinya dingin- Napas tidak teratur- Anggota badannya terasa nyeri sehingga si kecil akan merasa kesakitan saat digendong.2. Diabetes tipe 1Anak mengalami diabetes tipe 1 karena pankreas gagal memproduksi insulin yang dibutuhkan tubuh guna mengontrol kadar gula darah. Diabetes tipe 1 umumnya dapat terjadi pada usia berapa saja (mulai dari enam bulan) dan tidak dapat dicegah, melainkan hanya bisa dikontrol. Diagnosis secara dini dapat mencegah penyakit memburuk.Gejala-gejala pada umumnya antara lain:- Popok selalu penuh karena sering mengompol- Bayi mengalami penurunan berat badan- Muntah-muntah dan sakit perut pada bagian atas- Sakit kepala- Tubuh terlihat lemas.Akan tetapi, tak semua anak pengidap penyakit tersebut menunjukkan tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas. Konsultasikan kepada dokter jika anak Anda terlihat mengalami salah satu atau beberapa gejala.Baca: Begini Posisi Duduk Tepat Bagi Mama Hamil

3. RetinoblastomaRetinoblastoma adalah kanker mata yang kerap menyerang balita, tandanya adalah si kecil memancarkan cahaya layaknya mata kucing. Periksa ke dokter untuk memastikan apakah hal tersebut merupakan tanda retinoblastoma atau penyakit lain.Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi alangkah baiknya jika Mama melakukan berbagai pencegahan agar si kecil terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengancam keselamatannya, yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bernutrisi tinggi serta pastikan bahwa asupan ASI si kecil terpenuhi.