Ibu yang Terkena Kanker Payudara Boleh Menyusui, Asalkan Ini

By Ajeng , Rabu, 2 Desember 2015 | 07:00 WIB
Ibu yang Terkena Kanker Payudara Boleh Menyusui, Asalkan Ini (Ajeng )

Tabloid-nakita.com - Semua ibu tentunya sudah tahu akan manfaat menyusui dan memberikan ASI pada bayinya. Namun bila dalam keadaan kronis seperti kanker payudara, apakah masih bisa menyusui?

Menurut pakar laktasi, Utami Roesli, SpA mengatakan, ibu dengan kanker payudara bisa saja menyusui anaknya. Pasalnya kanker mungkin berada bukan pada sel-sel pembuat ASI. Hanya saja, diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Ibu yang terkena kanker payudara boleh menyusui, asalkan, pertama, ibu tidak dalam pengobatan dengan obat-obatan. Mengapa? Karena obat-obatan akan mengalir dalam darah yang bisa terlarut juga ke dalam ASI. Sehingga pemberian ASI ke bayi mungkin akan memberi efek obat.

Menurut Utami, ”jika pengobatan bersifat radiasi, asalkan tidak saat mendapat terapi, ibu boleh saja menyusuinya,” tuturnya.

Selain dengan terapi radiasi, ibu dengan kanker payudara memiliki keadaan fisik yang berbeda-beda sehingga harus dikonsultasikan ke dokter yang memeriksa. Apabila sel kanker mempengaruhi produksi ASI, maka diperlukan cara lain agar bayi tetap mendapatkan ASI.

Alternatifnya adalah, ibu dapat memberikan ASI dengan payudara yang tidak terkena kanker, karena dikhawatirkan produksi ASI lebih sedikit di payudara yang terkena kanker.

ASI dengan berbagi manfaatnya dapat memberikan kekebalan alami bagi bayi, sehingga bayi terhindar dari berbagai penyakit, termasuk kanker di kemudian hari.

Kompas Health