8 Manfaat Memerah ASI

By Puri, Senin, 28 September 2015 | 08:00 WIB
8 Manfaat Memerah ASI (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Memerah ASI adalah salah satu cara yang dapat Ibu lakukan saat Ibu tak dapat memberikan ASI kepada si kecil secara langsung. Lalu, apa saja manfaat memerah ASI?

ASI memiliki segudang nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya agar dapat berjalan dengan optimal dan kelak menjadi anak yang cerdas dan sehat. Oleh karena itu, Ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan.Namun, dalam berbagai kondisi, Ibu tak bisa memberikan ASI secara langsung kepada si kecil, seperti bayi lahir prematur maupun Ibu yang bekerja. Cara salah satunya agar asupan ASI tercukupi adalah dengan memberikan si kecil ASIP (Air Susu Ibu Perah) yang diberikan melalui sendok atau Ibu harus memerah ASI.Sayangnya, banyak Ibu yang pasrah ketika mereka tidak dapat menyusui bayinya secara langsung dan memilih untuk memberikan susu formula. Tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada si kecil bukanlah alasan Ibu memberikan susu formula kepadanya, karena Ibu dapat memberikan ASI kepada si kecil dengan cara memerahnya.Menurut Inna Banani dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, memerah ASI tak hanya dapat membuat kebutuhan ASI si kecil tercukupi, tapi ada manfaat lain dari memerah ASI, seperti berikut:1. Mengurangi bengkak pada payudara, sumbatan, atau stasis (penyumbatan atau perlambatan dalam aliran darah) ASI.

2. Memberi makan bayi sakit yang tidak dapat mengisap ASI dengan cukup

3. Menyediakan stok ASI untuk bayi ketika ibu bekerja

4. Memberi makan bayi yang mengalami kesulitan dalam mengisap payudara

5. Mempertahankan suplai ASI ketika bayi atau ibunya sakit, sehingga si bayi masih bisa minum ASIP yang berkualitas

6. Membantu meningkatkan produksi ASI untuk relaktasi ( proses menyusui kembali yang dilakukan setelah beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa tahun setelah berhenti) atau induced lactation (menyusui tanpa melahirkan)

7. Memberi makan bayi yang menolak menyusu

8. Membantu bayi melekat pada payudara yang penuh atau bengkak.Semoga bermanfaat ya, Bu!