Makanan Pengaruhi Rasa ASI?

By Puri, Sabtu, 28 November 2015 | 23:00 WIB
Makanan Pengaruhi Rasa ASI? (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Apa yang ibu makan, akan dimakan pula oleh bayi. Benarkah bila ibu makan makanan pedas, lidah bayi turut mencicipi rasa pedas tersebut, alias makanan yang dimakan ibu pengaruhi rasa ASI?

Beberapa para ahli mengatakan benar jika makanan dapat mempengaruhi rasa ASI. Akan tetapi rasanya hanya samar-samar dan tidak bertahan lama, yaitu hanya bertahan 8 jam setelah Ibu makan. Bahkan, peneliti juga mengatakan bahwa selera makan pada si kecil dipengaruhi oleh beberapa jenis rasa yang ia rasakan dari ASI.

Kondisi tersebut sebenarnya sangat menguntungkan Ibu, karena Ibu dapat memperbanyak makan sayur dan juga buah-buahan selama proses menyusui. Hal tersebut adalah salah satu cara efektif untuk membuat si kecil menyukai sayur dan buah.

Namun, sayangnya Ibu disarankan untuk lebih selektif dalam memilih makanan apa yang akan Ibu konsumsi, karena apa yang Ibu akan mempengaruhi rasa ASI. Oleh karena itu, disarankan agar Ibu dapat memilih makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan bergizi serta mengurangi makanan yang banyak mengandung gula dan garam.

Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana Ibu menjaga pola makan sehat dan seimbang serta mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi agar si kecil dapat mencicipi berbagai cita rasa makanan.

Seperti yang diketahui bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk si kecil, karena ASI (Air Susu Ibu) memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk membantu tumbuh kembang dan perkembangan otaknya.Tak hanya itu, ASI memiliki kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.