Yuk, Ajak Bayi Jalan-jalan

By Ipoel , Selasa, 23 Juni 2015 | 22:00 WIB
Yuk, Ajak Bayi Jalan-jalan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Saat jalan-jalan, ada banyak manfaat yang akan didapat bayi. Yuk, ajak bayi jalan-jalan.

Sebenarnya tidak ada alasan untuk melarang bayi keluar rumah selama ia sehat. Udara segar dan pemandangan baru akan baik tak hanya untuk si kecil namun juga untuk Mama dan Papa. Jadi, si kecil bisa kok diajak berjalan-jalan ke taman dekat kompleks, mengunjungi kerabat dan teman, atau sekadar berbelanja sebentar ke minimarket sekitar perumahan.

Untuk menghindari bayi dari paparan kuman yang tak sehat, usahakan untuk tidak berlama-lama di tengah kerumunan orang banyak. Pastikan juga (terutama bila ke rumah kerabat) yang ingin menyentuh bayi mencuci tangannya terlebih dulu dan jauhkan si kecil dari orang yang sedang sakit.

SESUAIKAN DENGAN MOOD

Untuk waktu yang tepat, coba atur acara keluar rumah bertepatan dengan periode mood baik bayi, yakni  saat ia sudah disusui/diberi makan dan baru saja ganti popok.  Pada saat itu, bayi akan cukup santai dan bisa nyaman saat didorong di stroller/digendong.

            Namun jika berencana mengajak si kecil bepergian lebih dari satu jam (ini berarti melewati jadwal tidur siang atau makannya), pastikan sudah menyiapkan berbagai keperluannya, tas popok, pakaian ekstra, perlengkapan makan, dan sebagainya.

Untuk makanan, tentu yang praktis dan simpel lebih disarankan. Bubur bayi dan biskuit bayi yang segera siap setelah disiram dengan air panas, misal. Untuk peralatan makan/minum, bawalah dua mangkuk makan bertutup, dua sendok makan, dan dua gelas berpenutup. Bawa juga slabber dan tisu basah.

            Perhatikan pakaian bayi.  Ukuran tipis tebalnya pakaian si kecil, sama dengan kita, kok. Namun sebaiknya pakaian bayi dapat menutup kepala, kaki, dan tangannya. Ini lebih untuk melindungi dia dari sinar matahari. Untuk bayi di atas 6 bulan, sebelum keluar rumah, bisa diolesi tabir surya yang aman untuk kulitnya.

Yuk, ajak bayi jalan-jalan.