Apa Ciri Anak Kena Hernia

By Ipoel , Selasa, 23 Juni 2015 | 00:00 WIB
Apa Ciri Anak Kena Hernia (Ipoel )

TANYA:

Selamat pagi Dokter. Putera saya bernama Fatih. Saat usianya 2 tahun periksa ke Dokter dan Dokter mencurigai anak saya terkena hernia. Apa ciri anak kena hernia? Kalau sakitnya lagi kumat, di sekitar kelaminnya sakit disertai bengkak. Kalau operasi nunggu umurnya 3-4 tahun. Sekarang umurnya sudah 3,5 tahun. Yang mau saya tanya, apakah penyakit hernia itu bisa sembuh sendiri ataukah ada solusi lain selain operasi? Terima kasih sebelumnya. Wella Triana Aminullah

JAWAB:

Hernia terjadi karena ada bagian otot yang lemah dan tidak menutup seperti normalnya. Akibatnya ada bagian organ yang masuk ke dalam celah itu. Hernia ada banyak macamnya dan dapat terjadi di beberap bagian tubuh. Kalau dari cerita ibu sepertinya yang terjadi adalah hernia inguinalis atau bisa juga hernia scrotalis. Pada dasarnya kelemahan otot tersebut tidak akan membaik dengan sendirinya, dan memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Hanya saja memang dalam kondisi tidak terjadi ada bagian yang terjepit, dapat ditunda sampai anak lebih besar. 

Setau saya tidak ada cara lain selain operasi. Namun operasi ada beberapa macamnya dan itu tergantung dari posisi dan jenis hernia yang terjadi.

rgds

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang

Jakarta Selatan