Perkembangan Bayi Minggu Ketiga

By Ipoel , Jumat, 12 Juni 2015 | 10:00 WIB
Perkembangan Bayi Minggu Ketiga (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Sekarang bayi akan bangun lebih lama di siang hari, dan Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk membantu perkembangan sensorik mereka dengan menyanyikan lagu anak-anak favorit atau menyetel lagu. Simak penjelasan perkembangan bayi minggu ketiga di sini.

Menghargai musik.

Sekarang bayi akan bangun lebih lama di siang hari, dan Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk membantu perkembangan sensorik mereka dengan menyanyikan lagu anak-anak favorit atau menyetel lagu. Sebenarnya, Anda tidak perlu membatasi diri pada menyetel lagu anak-anak saja. Isilah rumah Anda dengan pelbagai genre musik yang ada, mulai dari klasik, pop, hip hop, hingga jazz, dan lihat si kecil mengekspresikan rasa senang mereka lewat berdekut, gerakan bibir, atau hentakan tangan dan kaki.

Di usia ini, si kecil juga akan menikmati suara deru angin atau detik jam. Semakin banyak variasi suara yang disajikan, maka semakin besar pula dampaknya. Anda mulai melihat si kecil merespon suara-suara yang ada dan menyukai yang satu lebih dari pada pilihan yang lain, dan inilah awal dari perkembangan si kecil untuk bisa memilih.

Walapun musik bisa menstimulasi si kecil, tapi bukan artinya Anda perlu mempaparkan musik pada bayi Anda setiap saat. Sebab bayi juga butuh waktu tenang juga. Anak yang terlalu terstimulasi biasanya akan menangis, tegang dan lebih rewel.

Ekspresi.

Bayi memang belum bisa berbicara, tapi wajah mereka mampu menyampaikan banyak hal pada Anda. Si kecil akan bereksperimen dengan membuat ekspresi wajah yang berbeda-beda, seperti mengerucutkan bibir, menaikan alis, membelalakan atau menyipitkan mata. Ekspresi yang mereka lakukan bertujuan untuk memberitahu Anda sesuatu, atau hanya sekadar bereksplorasi dengan kemampuan baru mereka.