7 Langkah Mudah Memandikan Bayi

By Ipoel , Jumat, 12 Juni 2015 | 09:00 WIB
7 Langkah Mudah Memandikan Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Bagi kebanyakan para ibu baru, proses memandikan bayi merupakan tantangan tersendiri. Tenang dan jangan panik!  Meski tampak menakutkan untuk pertama kali, tapi aktivitas ini tidak sesulit yang Anda bayangkan kok. Gunakan petunjuk ini untuk membuat proses memandikan bayi sebagai kegiatan yang menyenangkan. Berikut 7 langkah mudah memandikan bayi:

Langkah #1 Tenang.

Jangan anggap kegiatan ini sebagai ‘cobaan’ Anda menjadi seorang Ibu. Tenangkan diri dengan cara bermain dengan si kecil sebelum proses memandikannya dimulai. Buat aktivitas ini menjadi hal yang  menyenangkan untuk Anda dan anak.

Langkah #2 Atur suhu air.

Kulit bayi masih sangat sensitif. Jadi pastikan air yang digunakan untuk mandi tidak terlalu panas (sesuai suhu tubuh). Anda bisa memeriksanya dengan termometer atau menggunakan pergelangan tangan Anda bagian dalam. 

Langkah #3 Persiapkan peralatan.

Pastikan semua perlengkapan ini diletakan di dekat Anda saat proses memandikan bayi dimulai: bak mandi, sampo bayi, sabun bayi, waslap, termometer, handuk, pelembab bayi, bedak bayi, kapas bulat dan alkohol (untuk tali pusat).

Langkah #4 Saatnya mandi.

Karena tubuh bayi akan sangat licin saat dimandikan, maka Anda bisa memakai sarung tangan dari bahan handuk  untuk ‘pegangan’ ekstra. Belilah bak mandi yang alasnya tidak terlalu licin.

Mulailah dengan membersihkan kelopak mata bagian atas dengan perlahan menggunakan waslap yang sudah direndam dalam air hangat. Lalu, bersihkan telinga dan lanjutkan dengan membersihkan seluruh lipatan kaki, tangan dan leher. Tuangkan sedikit sampo di waslap dan gosok hingga berbusa. Kemudian secara perlahan usapkan di kepala bayi dan bilas hingga bersih menggunakan waslap. Untuk bayi perempuan, jangan lupa untuk membersihkan bagian vagina secara perlahan dari arah depan ke belakang. Dokter menyarankan untuk memandikan bayi setiap hari, tapi untuk keramas bisa dilakukan 1-2 kali seminggu.

Jangan lupa untuk membersihkan tangan, kaki, dan muka si kecil setidaknya dua kali sehari dengan lap basah. Mengapa? Sebab bayi sering memasukkan tangan dan kaki ke mulut mereka. Jadi menjaga kebersihannya sangatlah penting.

Langkah #5 Kecepatan.