3 Penyebab Bayi Sulit Tidur

By Ipoel , Sabtu, 13 Februari 2016 | 07:00 WIB
3 Penyebab Bayi Sulit Tidur (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Sudah beragam cara dilakukan tapi mata si kecil tak jua terpejam, mungkin ini 3 penyebab bayi sulit tidur:

Masalah #1 Gigi tumbuh.

Pertumbuhan gigi bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman pada si kecil. Timbulnya nyeri pada gusi akan membuat bayi menjadi lebih rewel dan pastinya mengganggu tidur mereka. Anda bisa bantu si kecil meminimalisir ketidaknyamanan yang dirasakan dengan melakukan pemijatan halus pada gusi bayi. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda dengan sabun pencuci tangan hingga bersih terlebih dulu.

Masalah #2 Bayi kolik.

Bayi kolik adalah kondisi dimana bayi akan menangis sepanjang malam tanpa alasan. Walalupun belum ditemukan penyebab pastinya hingga kini, tapi para ahli mensinyalir perkembangan sistem pencernaan bayi yang belum sempurnalah yang mungkin jadi penyebabnya. Coba tenangkan si kecil dengan membendungnya. Mungkin pada awalnya si kecil akan tetap menangis keras, tapi nanti akan mereda secara bertahap. Membedung bisa memberikan efek menenangkan seperti ketika mereka masih ada di dalam rahim. Atau Anda bisa menggendongnya mendekap ke dada Anda, kehangatan ibu juga bisa menjadi obat penenang yang mujarab.

Masalah #3 Lapar.

Sama seperti orang dewasa, berusaha tidur dalam kondisi perut lapar itu sangat sulit dilakukan. Begitu juga untuk si kecil. Karena belum bisa berbicara secara verbal, bayi akan menunjukan rasa lapar mereka  lewat tangisan atau keengganan untuk tidur. Jika memang alasan ini yang membuat bayi sulit memejamkan mata, segeralah berikan mereka susu. Menyusui tidak hanya membuat mereka kenyang, tapi juga merasa nyaman.

 Adakah yang membuat si kecil tidur selain faktor di atas?