Hormon Lapar Saat Bayi Berperan Pada Obesitas Saat Dewasa

By Ipoel , Rabu, 10 Juni 2015 | 09:00 WIB
Hormon Lapar Saat Bayi Berperan Pada Obesitas Saat Dewasa (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Apa yang menyebabkan obesitas saat anak beranjak remaja atau dewasa, hormon lapar pada bayi sebagai salah satunya. Hormon lapar saat bayi berperan pada obesitas saat dewasa. Ini merupakan hasil riset  yang dilakukan The Saban Research Institute of Children's Hospital Los Angeles.

Penelitian itu mengungkapkan, peran hormon  ghrelin alias hormon lapar pada perkembangan otak bayi di masa awal kehidupannya, serta dampak jangka panjangnya terhadap pengendalian rasa lapar.     

Menurut studi yang dimuat di The Journal of Clinical Investigation ini, hormon ghrelin pada bayi baru lahir secara langsung memengaruhi perkembangan bagian otak yang berkaitan dengan nafsu makan dan pengaturan metabolisme.

“Dari sini kita bisa melihat kaitan antara matangnya perkembangan fungsi otak yang disebut gut-brain axis dengan gangguan penyakit yang sering diderita orang, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung,” kata Sebastien G. Bouret, PhD, peneliti dan asisten profesor di Keck School of Medicine, Univeristy of Southern California.