Olahraga Bersama Bayi? Bisa!

By Ipoel , Kamis, 28 Mei 2015 | 03:00 WIB
Olahraga Bersama Bayi? Bisa! (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kesampingkan dulu angan-angan untuk melenyapkan semua lemak paska hamil dalam waktu tiga bulan. Toh Anda bukanlah artis atau model yang dituntut untuk bisa langsing kembali secara cepat. Jadi berikan tubuh Anda waktu, atur ‘kecepatan’ Anda sendiri dan nikmatilah setiap waktu bersama bayi mungil Anda. Untungnya, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan bersama si adik yang mampu membuat Anda tetap fit dan sehat. Apa saja?  Yuk simak! olahraga bersama bayi

Note: pastikan Anda sudah mendapat ijin dari dokter sebelum melakukan aktivitas di bawah ini.

Olahraga kardio dengan kereta bayi.

Lakukan latihan kardio selama 10-15 menit setiap harinya, termasuk mendorong kereta bayi. Caranya: berjalanlah selama beberapa menit, lalu kunci rem kereta bayi Anda, berdirilah di depan si kecil sambil melakukan jumping jack (melombat sambil membuka tutup kaki), lunge (berdiri, langkahkan salah satu kaki ke depan, lalu tekuk lutut belakang sampai badan ikut turun. Kembali ke posisi awal dan ulangi pada kaki yang lain), atau gerakan—gerakan peregangan. Kemudian, lanjutkan jalan kaki beberapa menit dan ulangi kembali latihan kilat di atas. Bonus lainnya: si kecil akan terhibur melihat Anda bergerak di depannya.

Senam kegel.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini,  tapi apakah Anda pernah melakukannya? Latihan ini tak hanya baik bagi otot panggul, tapi juga bisa mencegah nyeri punggung dan pinggul hingga 10 tahun ke depan. Senam ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimanapun, bahkan saat menggendong si kecil. Bagi yang belum tahu bagaimana cara melakukan senam kegel,  ikuti langkah ini: apit otot panggul (rasanya seperti Anda sedang berusaha menghentikan air seni saat kencing) selama 3 detik, rehat 3 detik, dan ulangi. Lakukan sebanyak 10 repetisi, 3 kali sehari. Jika sudah mulai terasa mudah, tingkatkan dengan menambahkan jumlah repetisi hingga Anda bisa melakukan 50-100 senam kegel per hari.

Squat and curl.

Ketika si kecil sudah cukup kuat untuk menahan kepala, leher dan torso mereka sendiri (sekitar usia 4-5 bulan), gendong mereka dengan kedua tangan menghadap Anda dan lakukan squat. Saat kembali ke posisi berdiri, bawa si kecil ke arah dada. Untuk mendapatkan posisi yang bagus, bukalah kaki selebar pinggul, dan ketika menurunkan bokong pastikan kaki Anda tetap sejajar, lutut satu garis dengan pergelangan dan jari kaki. Jangan biarkan lutut melebihi jari kaki.