Perkembangan Indra Penglihatan Bayi Minggu Ke-2

By Ipoel , Senin, 18 Mei 2015 | 04:00 WIB
Perkembangan Indra Penglihatan Bayi Minggu Ke-2 (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Apakah si kecil sudah bisa melihat benda-benda di sekitarnya? Berikut penjelasan perkembangan indra penglihatan bayi minggu ke-2.

Bayi yang baru lahir masih memiliki penglihatan yang kabur. Karena itu jarak pandang terbaik mereka hanya berjarak 20-25 sentimeter dari mereka, sehingga si kecil baru akan melihat wajah Anda dengan jelas saat Anda mengendongnya secara dekat.

Jangan khawatir jika bayi tidak melakukan kontak mata, sebab bayi yang baru lahir biasanya malah akan melihat alis, garis rambut, atau mulut Anda yang bergerak. Seiring dengan si kecil mulai mengenal Anda di bulan pertama, mereka baru akan tertarik melakukan kontak mata. Studi menunjukkan bayi yang baru lahir lebih suka wajah orang ketimbang semua pola dan warna.

Untuk menstimulasi indra pengelihatan si kecil, berikan mereka banyak kesempatan untuk mempelajari fitur wajah Anda dengan memperhatikan wajah si kecil dari jarak dekat. Saat Anda atau pasangan sedang mengendong si bayi, coba gerakan kepala Anda secara perlahan ke kanan-kiri dan lihat apakah mata si kecil mengikuti gerakan kepala Anda. Latihan ini dapat membantu menguatkan otot mata mereka.

Jangan keburu panik jika bayi memandangan Anda dengan mata yang juling. Sebab kondisi ini normal terjadi pada mata bayi yang baru lahir. Bayi juga sangat sensitif terhadap cahaya dan bisa melihat tiga dimensi, ini bisa Anda lihat lewat kedipan mata si kecil saat Anda membawa benda mendekat ke mereka.