Kiat Mengenalkan MPASI

By Santi Hartono, Kamis, 14 Mei 2015 | 02:00 WIB
Kiat Mengenalkan MPASI (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com –Mama mungkin bertanya-tanya kapan ya Mama sebaiknya mulai memperkenalkan MPASI—Makanan Pendamping Air Susu Ibu—kepada buah hati Mama? Apa tanda-tanda yang akan ia tunjukkan jika ia sudah siap dengan MPASI pertamanya? Untuk mengetahui apakah si kecil sudah siap atau belum, dan apa yang sebaiknya dilakukan dalam memperkenalkan makanan tersebut, berikut ini kiat mengenalkan MPASI pada bayi yang bisa Mama coba. 

  1. Mengetahui waktu yang tepat. Bayi biasanya sudah siap untuk mencoba MPASI saat dia berumur di antara 4 dan 6 bulan. Meski begitu, sebelum mulai memberikan MPASI kepada si kecil, ada baiknya untuk Mama mengonsultasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada dokter anak Mama.
  2. Mengenali tanda-tandanya. Kontrol kepala yang baik, nafsu makan yang meningkat, dan memperlihatkan minat pada apa yang Mama makan, semua itu merupakan indikasi kalau bayi Mama sudah siap untuk menyantap MPASI pertamanya.
  3. Siapkan peralatan makan si kecil. Sendok berujung lembut, oto bayi, mangkok atau piring yang tahan banting, dan kursi tinggi akan sangat membantu Mama saat ingin memperkenalkan MPASI pada si kecil.
  4. Mulailah dengan makanan yang sederhana. Mama bisa mencoba memberikan MPASI yang terbuat dari bubur bayi yang dicampur dengan ASI Mama. Atau Mama bisa memulainya dengan bubur purée dari buah pir, kentang manis, atau kacang-kacangan.
  5. Berantakan? Itu pasti! Bayi tidak dikenal dengan kemampuannya dalam bersopan santun saat makan, jadi Mama harus bersiap-siap untuk membersihkan makanan yang akan tumpah ke lantai, kursi makan, meja, bayi Mama, dan tentunya Mama.
  6. Teruslah berusaha. Jangan terkejut jika bayi Mama tidak segera bergairah melahap MPASI yang Mama berikan. Teruslah bersemangat dalam menawarinya makanan tersebut dan cepat atau lambat bayi Mama akan menyantapnya dengan gembira.
  7. Ambil foto! Mama pastinya ingin memamerkan foto-foto berisi bayi Mama yang tengah melahap makanan pertamanya, kan. Hmm, kira-kira apa ya komentar Papa?

Demikian sejumlah kiat mengenalkan MPASI pada bayi. Selamat mencoba!