Jangan Beli Baju Bayi Bertali

By Ipoel , Minggu, 6 Desember 2015 | 23:00 WIB
Jangan Beli Baju Bayi Bertali (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Untuk model baju bayi di pasaran memang amat bervariasi. Namun yang paling disarankan adalah  model baju sederhana dan sesuai dengan tumbuh kembang si kecil. Menurut dr. Triana Agustin, SpKK, untuk bayi baru lahir, pilihlah baju dengan kancing depan sehingga lebih nyaman bagi bayi dan lebih mudah bagi Mama saat harus mengganti pakaiannya.

          Soal pilah-pilih baju bayi ini, Phaerlymaviec Musadi Ratulangie alias Ompei, Desainer sekaligus pemilik Parentalbaby T-Shirt Company menambahkan agar menyesuaikannya dengan usia, berat, dan tinggi bayi, meski memang usia tak bisa menjadi patokan ukuran sepenuhnya. “Sebaiknya bawa baju yang memang sudah terbukti nyaman dipakai oleh sang bayi dari rumah sebagai acuan ketika akan membeli baju baru. Soalnya, kalau baju terlampau kecil atau kebesaran pasti akan terasa tak nyaman.”

    Yang pasti, jangan beli baju bayi bertali kerut. Sebab, Komisi Keamanan Produk Konsumer atau Consummer Product Safety Commision Amerika Serikat secara jelas melarang baju-baju bayi model hoodie menggunakan aksesori tali kerut. Pelarangan itu dikeluarkan setelah terdapat kasus seorang anak berumur 2 tahun tercekik tali kerut saat ia bermain perosotan di area bermain.

          Humaida, desainer baju rajutan bayi, menyetujui hal itu, “Saya memang menghindari pemakaian aksesori yang berlebihan pada bayi karena bisa membuat bayi tak nyaman. Kalaupun si bayi dipakaikan aksesori pendukung, harus fungsional, misalnya syal, supaya tidak kedinginan atau topi supaya tidak kepanasan.”

          Triana pun mengingatkan orangtua untuk tidak memilih baju bayi yang berenda kasar atau aksesori lain yang bisa menyebabkan iritasi atau melukai kulit bayi. Jadi, carilah produk baju bayi yang tidak terlalu banyak hiasan dan aksesori, dengan bahan baju bayi yang berkualitas dan sederhana modelnya. Meski agak mahal sedikit, tapi jaminan bahwa anak kita aman dari zat-zat yang berbahaya adalah nomor satu ya, Mam.

          Selain itu, tambah Triana, “Sebelum membeli, pastikan kancing tidak ada yang terlepas karena bisa tertelan dan menyebabkan bayi tersedak. Jangan dilupakan juga, bayi sering kali memasukkan semua benda ke dalam mulutnya. Karena itu, dekorasi garmen seperti sablon, bordir, dan aplikasi rhinestones juga penting diwaspadai oleh orangtua sebelum memilih dan membeli baju untuk bayinya.”

          Satu lagi, Mam, baju yang baru dibeli harus selalu dicuci terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghilangkan bahan kimia atau kotoran yang menempel pada baju selama proses produksi dan distribusi.

          Nah, siap berbelanja baju yang aman dan nyaman untuk si buah hati?