Pola Makan Sehat Untuk Ibu Baru

By Ipoel , Senin, 4 Mei 2015 | 11:00 WIB
Pola Makan Sehat Untuk Ibu Baru (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Setelah melahirkan, mungkin yang ada dibenak Anda hanyalah apa, kapan, dan bagaimana memberi makan si bayi, ketimbang memikirkan makan apa yang ingin Anda berikan pada diri sendiri. Untuk memberikan anak perawatan terbaik, Anda sebagai ibu harus sehat terlebih dulu. Tip mendapatkan pola makan sehat untuk ibu baru di bawah ini bisa meningkatkan energi, membantu Anda menyusui si kecil lebih baik dan melenyapkan lemak sisa kehamilan. Yuk simak!

Tip #1 Asupan tinggi potasium.

Percepat kesembuhan usai persalinan dengan mengonsumsi makanan kaya potasium, seperti aprikot kering, pisang, sayuran hijau, dan kentang (dengan kulit). Asupan ini bisa mengatur retensi air, sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

Tip #2 Jauhi beberapa herbal.

Batasi asupan daun peterseli dan daun mint jika Anda masih menyusui, sebab herbal ini akan menurunkan produksi susu.

 

Tip #3 Perbanyak asupan serat.

Sistem pencernaan Anda mungkin sedang dalam kondisi yang tidak optimal. Jadi pastikan tubuh mendapat asupan serat yang cukup. Anda bisa mendapatkan serat dari apel (dengan kulit), pir, beras merah, kacang hitam, dan brokoli. Bonus: Serat akan bantu menurunkan berat tubuh dan membuat perut kenyang lebih lama. Tapi ingat, pola makan tinggi serat membutuhkan penyerapan air yang lebih bayak, jadi minum air yang cukup sangat dibutuhkan.

Tip# 4 Keep it simple.

Agar suasana rumah tidak makin riuh, usahakan untuk membuat makan yang simpel dan mudah dibuat saja, seperti salad, atau oatmeal dengan topping buah segar. (AA)